Sukses

Komunitas Mobil Klasik Napak Tilas ke Rengasdengklok

Agenda napak tilas ke Rengasdengklok telah menjadi tradisi komunitas mobil klasik itu.

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) kembali mengadakan napak tilas ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Kegiatan ini sengaja diadakan untuk menyambut HUT ke-70 RI.

Melalui keterangan yang diterima Liputan6.com, agenda napak tilas ke Rengasdengklok telah menjadi tradisi komunitas mobil klasik itu. 

Penasehat PPMKI KRMT Roy Suryo, menjelaskan, PPMKI bersama Komunitas Jeep Kuno, Masyarakat Otomotif, dan Pelestari Sejarah bakal menjalani tradisi napak tilas ke Rengasdengklok, meskipun tidak didukung pemerintah seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Perjalanan kami dimulai dari Tugu Proklamasi pada Minggu (16/8) pukul 10.00 WIB," ujar Roy.

Seperti diketahui, peristiwa Rengasdengklok punya hubungan yang sangat kuat dengan momentum Kemerdekaan RI, yang diploklamirkan Soekarno dan Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Menteng, Jakarta Pusat.

Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada 16 Agustus 1945. Saat itu, golongan pemuda, yakni Soekarni, Wikana, dan Chaerul Saleh menculik Soekarno dan Hatta untuk mendesak keduanya segera memproklamirkan Kemerdekaan RI.

Adapun, penculikan ini sengaja dilakukan agar kedua pemimpin bangsa ini terbebas dari intervensi pihak luar, khususnya Jepang.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.