Sukses

Toyota i-Road Cocok untuk Kaum Urban

PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan kendaraan personal mobility, Toyota i-Road.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan kendaraan personal mobility, Toyota i-Road, di event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di Indonesia Conventioan Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Toyota i-Road didesain sebagai mobil personal di daerah perkotaan yang padat penduduk untuk menempuh jarak dekat.

Dadi Hendriadi General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor menjelaskan, i-Road dirancang sebagai alat transportasi untuk 2 orang menuju tempat di kota-kota besar di dunia.

Sejatinya konsep personal mobility ala Toyota sudah diperkenalkan sejak 2005 lewat proyek Toyota i-Swing dan i-Unit. Kemudian dikembangkan lagi pada 2007 lewat proyek Toyota i-Real dan FV2 pada 2014.

Spesifikasi i-Road adalah kendaraan menggunakan dua mesin elektrik, penggerak roda depan, mempunyai tiga roda, dan berjarak tempuh 50 kilometer. Kendaraan ini menggabungkan unsur fleksibilitas dan compact sepeda motor dengan kenyamanan dan waterproof mobil.

Kendaraan ini mengusung active lean technology, sehingga saat berbelok ikut miring seperti layaknya sepeda motor. Namun pengemudi tak perlu khawatir mengatur sudut kemiringan, karena secara a otomatis sensor bisa mengatur kemiringan saat kecepatan rendah dan tinggi.

"Namun kabin mirip mobil sehingga feeling-nya seperti mengendarai mobil. Toyota i-Road untuk mendukung sistem transportasi di kota-kota besar, seperti dari stasiun ke kantor," kata Dadi di booth Toyota, Jumat (21/8/2015).

Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM, menambahkan Toyota  tak berhenti memikirkan teknologi otomotif masa depan, seperti mengembangkan Toyota i-Road. Saat ini Toyota i-Road telah mengalami uji jalan, tepatnya di kota Grenoble, Perancis, pada 2014. Kemudian pada April 2015 diuji lagi Toyota City, Tokyo, Jepang.

"Uji coba ini diperlukan untuk mendapat masukan dari publik untuk perbaikan i-Road ke depan. Sebab kendaraan ini merupakan kendaraan alternatif untuk jarak pendek," tutup Rahmat.

(msu/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.