Sukses

Ini yang Bikin Starter Motor Skutik Senyap

Teknologi Alternating Current Generator (ACG) membuat skutik tidak lagi bersuara saat distarter.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu keunggulan skutik teranyar dibanding yang lama adalah Alternating Current Generator (ACG), yaitu teknologi starter elektrik yang membuat suara motor halus saat dinyalakan.

Lantas, bagaimana cara kerja teknologi ACG ini sehingga bisa meredam suara secara signifikan saat motor dinyalakan?

Pada sistem starter konvensional, part terpentingnya adalah motor listrik dan gigi starter (sliding gear) yang berfungsi untuk memutar kruk as. Saat starter ditekan, suara yang timbul berasal dari gigi penghubung yang saling menggerakkan ini.

Pada ACG, motor listrik dan gear ini tidak lagi digunakan. ACG starter berfungsi sebagai penggerak kruk as dan piston. Sementara saat mesin hidup, ACG berubah fungsi menjadi penghasil arus listrik. Demikian tulis laman Welovehonda.

Tidak digunakannya lagi gear inilah yang menjadi kunci mengapa suara yang keluar saat starter ditekan sangat senyap. Tidak ada lagi gesekan signifikan yang bisa hasilkan suara.

ACG juga membuat putaran mesin saat awal starter lebih ringan karena adanya fitur dekompresi. Sebabnya, fitur ini membuat tekanan di ruang bakar berkurang.

Saat berfungsi sebagai alternator (perangkat elektromekanis yang mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik arus bolak-balik), ACG dapat menyimpan arus listrik di aki. Ini membuat ACG juga bisa membuat aki lebih tahan lama. 

Sebagai informasi tambahan, beberapa skutik yang telah mengadopsi teknologi ini adalah Vario Techno 125, Beat POP eSP, dan PCX.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini