Sukses

Kalah Bersaing dengan Mobilio, Honda Freed Dihentikan?

Penjualan Freed selama Agustus 2015 hanya 169 unit.

Liputan6.com, Jakarta Hadirnya model baru Honda seperti Mobilio, HR-V dan BR-V dinilai menggangu penjualan model lainnya. Salah satu model yang terkena dampak adalah Honda Freed.

Sebelum lahirnya Mobilio, Honda Freed menjadi senjata andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) dalam bersaing di segmen multi purpose vehicle (MPV) tujuh penumpang. Namun setelah Mobilio diluncurkan, penjualan Freed langsung terjun bebas.

Berdasarkan data yang dirilis HPM, penjualan Honda Freed di sepanjang tahun ini hanya 2.650 unit. Bahkan selama Agustus 2015 hanya 169 unit. Jumlah tersebut berbanding terbalik dengan Honda Mobilio yang mencapai 28.529 unit selama periode Januari-Agustus 2015. Sementara penjualan di bulan lalu mencapai 4.746 unit.

Meski demikian, pabrikan berlambang huruf 'H' tersebut akan terus mempertahankan Freed meski penjualannya terus tergerus. "Sampai sekarang masih lanjut, belum ada beritanya (akan dihentikan)," jelas Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director HPM di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/9/2015).

Ia menambahkan, pihaknya bisa saja menghentikan produksi dan pemasaran Honda Freed, namun itu urung dilakukan selama masih ada permintaan dari pasar. "Stop produksi itu bisa saja karena semua tergantung market-nya. Kita jualan tidak bisa semaunya sendiri, selama konsumen masih menginginkan kita akan tetap produksi," tutup Jonfis.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.