Sukses

Mobil Listrik Keren Karya Anak Bangsa, Ini Daftarnya

Liputan6.com menguraikan daftar mobil listrik keren karya anak bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Isu dipinangnya mobil listrik besutan anak bangsa oleh negara tetangga, yakni Malaysia sukses menuai sorotan publik. Ada yang kecewa, tapi tak sedikit pula yang mendukungnya.

Kecewa karena publik menilai pemerintah tak mampu memberikan `iklim` yang nyaman bagi para inovator. Mereka perlu dukungan untuk terus tumbuh dan berinovasi, bukan sebaliknya.

Anak bangsa tak disanksikan mampu mengembangkan kendaraan, tak cuma yang berbahan bakar konvesional, mobil yang memanfaatkan baterai dan motor listrik pun mampu. Untuk urusan desainnya pun tak kalah keren.

Nah, melalui artikel ini, Liputan6.com menguraikan daftar mobil listrik keren karya anak bangsa. Berikut selengkapnya:

1. Ezzy ITS II

Ini merupakan mobil listrik penyempurnaan dari generasi sebelumnya, Ezzy ITS I. Mobil yang dikemas dengan baterai 20 kWh ini, dalam kondisi baterai penuh, bisa diandalkan untuk berkendara sejauh 130 km. Ini jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya yang hanya bisa berjalan sejauh 25 km.



Berdasarkan data spesifikasi, Ezzy ITS II merupakan mobil listrik bekapasitas empat orang penumpang. Untuk dimensinya, mobil ini punya panjang 3.500 mm, lebar 1.500 mm, dan tinggi 1.400 mm dengan jarak sumbu roda 2.344 mm.  

2. Selo

Mobil listrik Selo lahir atas ide Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan dan dikembangkan Tim Putra Petir, yakni Ricy Elson serta Dasep Ahmadi. Desain mobil yang meneyerupai mobil Ferrari dan Lamborghini ini mendapat bantuan dari rumah modifikasi Kupu-kupu Malam.



Adapun tingkat kandungan lokal pada mobil listrik Selo mencapai 70 persen, kompartemen bodi dan sebagian interior. Sementara untuk baterai dan motor listrik menggunakan produk luar.

Dikatakan, motor listrik Selo dikombinasikan dengan transmisi otomatis enam percepatan. Dengan daya 182 Tk, mobil ini bisa dipacu hingga kecepatan 220 km/jam.

Menyoal sumber tenaga, Selo mengandalkan baterai 360V yang dalam kondisi penuh bisa dimanfaatkan untuk melaju bisa digunakan sejauh 250 km. Untuk mengisi baterainya hingga penuh, diperlukan waktu empat jam.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini