Sukses

Volvo XC90 Bakal Terima Mesin Terbuas

Volvo XC90 didukung mesin empat silinder 2,0 liter Drive-E dengan sokongan dua turbocharger dan sebuah kompresor.

Liputan6.com, Stockholm - Produsen otomotif Swedia, Volvo, dikabarkan bakal menjejali lini model SUV teranyarnya yaitu XC90 dengan mesin terbuas. Mesin yang digarap bersama dengan divisi performa Polestar sanggup menyemburkan tenaga hingga 450 Tk.

Dilansir Leftlanenews, Jumat (18/9/2015), kebanyakan para pembeli XC90 menjatuhkan pilihannya pada tipe teratas. Oleh karena itu, Volvo menggandeng Polestar untuk mendongkrak versi performa SUV flagship-nya tersebut.

Lebih lanjut, Volvo juga memposisikan versi performa tinggi dari XC90 menjadi kandidat kuat untuk naik produksi. Nantinya, XC90 yang digarap oleh Polestar akan mengisi lini di atas mesin hibrida T8 yang kini menjadi varian tertinggi pada XC90.

Dipaparkan, performa buas pada XC90 berasal dari mesin empat silinder 2,0 liter Drive-E yang didukung dua turbocharger paralel dan sebuah kompresor yang digerakkan oleh motor listrik 48V. Hasilnya, sistem sirkulasi mendongkrak tenaga sekaligus mengurangi turbo lag.

Konsep penerus XC90 dengan performa ganas pun telah dipamerkan tahun lalu yang sudah didukung mesin anyar. Pabrikan menjanjikan mesin pada konsep memiliki output tidak kurang dari 450 Tk.

Selain XC90, salah seorang eksekutif Polestar juga sempat mengisyaratkan jika pihaknya menggarap model XC60 versi performa tinggi. Kemungkinan, model ini bakal diluncurkan terlebih dahulu dari Polestar XC90.

Untuk menunjang mesin yang gahar, Polestar turut mendongkrak kemampuan suspensi serta memasang piringan rem yang lebih besar baik pada XC60 maupun XC90. Sebagai ciri khas, kedua model akan hadir dalam warna biru khas Polestar.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini