Sukses

Cuma Pakai Pasta Gigi, Headlamp Kusam Berubah jadi Kinclong

Tidak perlu cara yang mahal. Hanya perlu satu pasta gigi dan beberapa alat lain, headlamp Anda bisa kembali kinclong.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu masalah yang muncul pada mobil lama adalah tampilannya yang semakin buruk. Salah satunya adalah headlamp atau lampu utama. Dalam hal ini, sering ditemui bagaimana headlamp kusam dan menguning.

Pemilik kendaraan yang dimaksud bisa saja mengganti headlamp dengan yang baru, dan tidak ada yang salah tentang itu. Tapi, jika bisa mengembalikan kekinclongan headlamp dengan harga yang jauh lebih murah, mengapa tidak dicoba?

Ternyata, untuk menghilangkan warna kusam dan kekuningan pada headlamp, alat yang dibutuhkan hanyalah sebuah pasta gigi. Kok bisa? Sebabnya, di dalam pasta gigi terkandung zat-zat yang berfungsi sebagai pemutih. Bagaimana caranya? Apa saja selengkapnya alat yang dibutuhkan? Berikut ulasannya.

Alat-alat

- Air hangat, bisa juga dimasukkan ke dalam semprotan.
- Pasta gigi, pastikan yang mengandung baking soda dan peroxide. Kedua zat inilah yang berfungsi sebagai pemutih.
- Sikat gigi.
- Kanebo
- Lap kain halus
- Wax

Cara membersihkan

Pertama, bersihkan dulu headlamp dengan air bersih. Lalu keringkan dengan kanebo dan lap kering. Pastikan tidak ada debu dan kotoran lagi.

Setelah kering, maka mulai oleskan pasta gigi secara merata ke seluruh permukaan. Pastikan pula ketebalannya pas, tidak terlalu tipis ataupun tebal.

Mulailah menggosok headlamp setelah semua permukaannya tertutupi. Ingat, gosokan harus disertai dengan tekanan. Cara menggosok yang paling mudah dalam hal ini adalah dengan membentuk pola melingkar. Pastikan semua permukaannya telah digosok.

Diamkan sejenak, lalu kemudian mulailah menyemprotkan headlamp dengan air hangat, atau bisa pula diguyur. Setelah itu, mulai rontokkan pasta gigi dengan lap. Lakukan berulang kali hingga benar-benar bersih.

Setelah besih dan kering, maka segera oleskan dengan wax. Ini berguna untuk membentuk lapisan terluar pada headlamp sehingga warna kuning tidak kembali dengan cepat. Bersihkan kembali wax, dan lihatlah perbedaannya.

Kalau masih belum percaya, berikut kami berikan video tutorialnya. Selamat mencoba!



(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini