Sukses

Bukan Prioritas, VW Hentikan Riset Transmisi 10 Percepatan

Volkswagen (VW) mengatakan bahwa mereka telah mencoret proyek pengembangan transmisi DSG 10-percepatan.

Liputan6.com, Frankfurt - Di Frankfurt Motor Show, Volkswagen (VW) mengatakan bahwa mereka telah mencoret proyek pengembangan transmisi DSG 10-percepatan.

Sebelumnya, rencana ini pertama kali diutarakan di Vienna Motor Symposium, 2013 lalu. Saat itu, mereka mengatakan bahwa akan mengembangkan transmisi otomatis anyar 10-percepatan dual-clutch.

Tetapi, sebagaimana dilaporkan Worldcarfans, setelah dua tahun pengembangan, mereka berkesimpulan jika proyek ini terlalu mahal dan juga sangat kompleks. "Pada akhirnya, kami harus menyeimbangkan apa prioritas kami dan hal-hal lain yang lebih penting dan juga mendesak," ujar salah seorang juru bicara VW.

Keputusan ini sebetulnya cukup mengagetkan. Mengingat di tahun ini, VW melalui director of powertrain, Dr Hans-Jakob Neusser, mengatakan bahwa transmisi ini masih dalam tahap perbaikan, dengan gear yang terus ditambah.

Wacana tentang pengembangan transmisi 10-percepatan sebetulnya bukan hal baru. Dua tahun lalu, GM dan Ford bekerja sama untuk membuat transmisi 9 atau 10 percepatan. Sementara Hyundai juga pernah mengatakan hal serupa empat tahun lalu, meskipun tidak ada realisasi apapun hingga saat ini.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.