Sukses

Honda Sonic Asyik Buat Touring, Asal

Kelincahan dan tenaganya yang meletup-letup, membuat adrenalin kian terpacu.

Liputan6.com, Pangandaran - Setelah puas menyiksa all new Honda CB150R StreetFire, kini giliran Liputan6.com merasakan sensasi new Honda sonic 150R. Ini kami rasakan saat hari kedua kegiatan Journalist Leisure Riding, Selasa (22/9) dari Pantai Pangandaran menuju Bandung.

Mengendarai Sonic sebenarnya bukan yang pertama bagi kami. Pasalnya usai peluncurannya di JIExpo Kemayoran Jakarta pada 5 Agustus lalu, kami telah mencobanya di sebuah trek dadakan.

Lagi-lagi tinggi badan menjadi alasan kami untuk tidak bisa merasakan kenyamanan yang diberikan Sonic. Pasalnya Honda menyebut motor bergaya ayam jago ini cocok digunakan bagi pengendara yang memiliki tinggi badan hingga 165 cm sementara Liputan6.com mencapai 175 cm.

Honda Sonic 150R

Alhasil segitiga ergonomi kami tidak terlalu nyaman karena posisi badan terlalu membungkuk saat menggenggam setang. Beban lengan pun menjadi lebih berat karena menahan bobot tubuh yang membungkuk. Dengan posisi seperti ini maka rasa capek dan pegal akan cepat datang.

Namun bagi orang yang memiliki postur tubuh ideal sebagaimana rancangan Honda, tentunya bisa merasakan kenyamanan motor berkapasitas 150 cc tersebut. Saat melewati jalan berliku dengan kondisi menanjak dan menurun mereka nampak bergerak menikmati setiap tikungan yang ada.

Menggunakan basis mesin yang sama dengan all new CB150R, Sonic terasa bertenaga mulai dari putaran bawah hingga menengah. "Handling lincah, performa agresif," kata Garuda, salah satu teman jurnalis media online yang juga menunggangi new Honda Sonic 150R dalam kegiatan ini.

Meski menempuh perjalanan hampir 600 km, berkendara dengan Sonic terasa mengasyikan. Kelincahan dan tenaganya yang meletup-letup, membuat adrenalin kian terpacu.

Honda Sonic 150R

Sebagai informasi, Sonic dibekali mesin 149.16 cc berkekuatan 15,8 Tk dengan torsi puncak 13,5 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan dengan tipe kopling multiplate wet clutch coil spring.

Selain memiliki tampilan yang sporty, Sonic juga modern karena mengaplikasi panel indikator digital. Motor ini juga dilengkapi dengan lampu LED yang memancarkan cahaya keputihan namun tidak terlalu menyilaukan mata.

Sonic hadir dalam empat pilihan warna, di antaranya Active White, Energetic Red, Neo Magenta, dan Spartan Black.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.