Sukses

Audi Juga Curang, 2,1 Juta Mobilnya Lebih Kotor 40 Kali Lipat

Audi AG mengaku bahwa 2,1 juta mobilnya juga menggunakan software penipuan seperti milik VW selaku perusahaan induknya.

Liputan6.com, Ingolstadt - Kabar menghebohkan hadir dari skandal penipuan standar emisi yang dilakukan Volkswagen (VW). Tetapi, kali ini kabar tersebut bukan dari VW itu sendiri, melainkan dari Audi.

Dilaporkan Bloomberg, Audi AG mengaku bahwa 2,1 juta mobilnya juga menggunakan software penipuan seperti milik VW selaku perusahaan induknya. Jumlah tersebut termasuk beberapa model best-seller mereka seperti A4 dan Q5.

Dengan menggunakan aplikasi curang bernama `defeat devices` tersebut, emisi gas buang Audi yang sesungguhnya 40 kali lebih tinggi dibanding saat diuji.

Audi berjanji akan menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin. "Kami bekerja dengan kecepatan penuh untuk menemukan solusi teknis untuk masalah ini," ujar Juergen de Graeve, juru bicara Audi.

Ia berjanji, pabrikan yang berbasis di Ingolstadt, Jerman tersebut akan segera menghubungi para pelanggan. "Kami akan memberitahukan konsumen dan akan memperbarui mobil sehingga peraturan emisi terpenuhi," tambahnya.

Untuk diketahui, pemilik merek Ducati dan Lamborghini ini merupakan anak perusahaan Volkswagen Group. Grup otomotif tersebut memiliki Audi sejak 1966 dengan penguasaan saham sebesar 99,5 persen.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.