Sukses

Catatkan Penjualan Tertinggi, Ford Dibayang-bayangi Recall

Ford mencapai penjualan year-on-year tertinggi di AS dalam lima tahun terakhir. Tapi, hasil tersebut dibayangi oleh recall 37 ribu F-Series.

Liputan6.com, Detroit - Ford Motor Co. berhasil mencapai penjualan year-on-year tertinggi di Amerika Serikat (AS) dalam lima tahun terakhir. Hingga September ini, pabrikan tersebut catatkan peningkatan penjualan sebesar 23 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Melansir Automotive News, Jumat (2/10/2015), berbagai model berkontribusi besar terhadap peningkatan ini. Penjualan Ford F-series misalnya, naik 16 persen. Sementara tiga crossover, Escape, Edge, dan Explorer, masing-masing melonjak hingga 30 persen. Model Mustang bahkan mencatat kenaikan hingga 61 persen.

"Ini baik dari dari awal sampai akhir. Salah satu dari modelnya benar-benar istimewa, bulan yang kuat," ujar Mark LaNeve selaku Vice President of U.S. Marketing, Sales and Service. "Kami telah melakukan dengan sangat baik untuk industri ini," tambahnya.

Meskipun begitu, beberapa model memang masih mencatatkan penjualan negatif. Salah satunya adalah Ford Focus, yang penjualannya bahkan turun hingga 13 persen dibanding bulan lalu, serta 7 persen dibanding tahun sebelumnya.

Meski begitu, rekor ini bukan tanpa catatan. Sebagaimana dilaporkan CNN, Ford baru saja mengumumkan recall atau penarikan untuk 37 ribu truk terlaris mereka, F-150. Masalah model tersebut terletak pada fitur adaptive cruise control yang justru membuat rem bekerja tiba-tiba.

Menurut Ford, kesalahan itu terletak di perangkat lunaknya. Hanya dengan memperbarui perangkat, Ford mengklaim masalah tersebut bisa diatasi. Sampai sekarang pun tidak ada laporan kecelakaan karena kesalahan ini.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.