Sukses

Harga Trio Low MPV Bekas Tak Terpengaruh Model Baru

Meskipun model anyarnya sudah dipasarkan, hal ini nyatanya tidak mempengaruhi harga mobil bekas.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) kian sengit. Dalam waktu yang hampir bersamaan, Toyota, Daihatsu, maupun Suzuki meluncurkan versi facelift dari kendaraan keluarga berkapasitas tujuh penumpang.

Meskipun model anyarnya sudah dipasarkan, hal ini nyatanya tidak mempengaruhi harga mobil bekas. Di bursa mobil bekas Mega Glodok Kemayoran (MGK), harga bekas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga cenderung stabil. Kalaupun ada penurunan tidak signifikan.

"Untuk Avanza turun sedikit, sekitar Rp 20 juta," ujar Billy, penjual mobil bekas dari showroom Mustika Jaya Motor kepada Liputan6.com di MGK, Senin (5/10/2015).

Sementara itu, penjual mobil bekas dari showroom Anugrah Mobilindo Perkasa, Budiyanto, menyebut harga model-model tersebut tetap stabil lantaran mobil-mobil ini penggunanya sudah menyebar luas di masyarakat. Oleh karena itu, peminat untuk mobil bekasnya juga masih banyak.

"Harga Avanza, Xenia, Ertiga masih aman, tidak sampai jomplang (merosot). Selagi model baru ada peminatnya, model lama juga masih ada peminatnya," jelas pria yang akrab disapa Budi itu.

Namun demikian, masalah desain rupanya sedikit mempengaruhi nilai jual kendaraan Low MPV. Ia mencontohkan kondisi ini terjadi saat peluncuran Avanza pada 2012 lalu yang cukup berpengaruh pada harga jual versi bekas model sebelumnya.

"Jika model barunya tidak begitu bagus desainnya, maka harga yang lamanya aman dan sebaliknya. Contohnya Avanza 2012 yang lebih bagus, efeknya pada model lama yang harganya terpukul," pungkasnya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini