Sukses

Cara Unik Polisi Australia Atasi Pencurian Mobil

Polisi di Perth, Australia, punya cara tersendiri untuk menangkap para pencuri mobil.

Liputan6.com, Perth - Polisi di Perth, Australia, punya cara tersendiri untuk menangkap para pencuri mobil. Bekerja sama dengan asuransi kendaraan RAC, mereka menggunakan apa yang dinamakan `bait vehicles` atau kendaraan pengumpan.
 
Jadi, sebagaimana dilansir ABC News, mobil ini dilengkapi dengan kamera kecil dan teknologi lainnya. Ini memungkinkan polisi untuk menonaktifkan mobil jika suatu saat berhasil dicuri. Selain itu, wajah pelaku juga langsung ketahuan.

"Setelah mereka berada di mobil, pintu otomatis mengunci dan kendaraan langsung berada di bawah pengawasan polisi," ujar juru bicara RAC, Glen Walker. "Ini benar-benar ide yang baik," katanya.

Menurut RAC, cara ini telah terbukti ampuh untuk mengatasi pencurian mobil. Misalnya di Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Polisi salah satu wilayah Kanada misalnya, melaporkan penuruna pencurian mobil hingga 16 persen karena program serupa.

Untuk alasan operasional, polisi tidak mengungkapkan berapa banyak kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi ini.

Tetapi, mereka mengatakan bahwa kendaraan yang akan lebih banyak dipasangkan perangkat ini adalah mobil yang berada di sekitar lokasi yang rawan pencurian di musim panas, termasuk di tempat parkir di pantai Perth.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.