Sukses

Mau Yamaha YZF-R1 Versi Murah, Pilih R1S

Yamaha mendaftarkan nama R1S sebagai merek dagang di AS sejak tahun lalu.

Liputan6.com, California - Yamaha beberapa waktu lalu resmi meluncurkan versi murah dari keluarga YZF-R1 yang dinamai R1S. Peluncuran ini ditandai dengan penjualan yang dipublikasikan dalam website Yamaha Amerika Serikat.

Peluncuran R1S ini menyusul model R1 dan R1M yang diluncurkan pada April 2014. Saat itu, Yamaha juga mendaftarkan nama R1S sebagai merek dagang di AS.

Hadir sebagai versi murah, tentu Yamaha akan mengurangi spesifikasi dari R1S. Dilansir Visordown, Rabu (7/10/2015), tidak seperti dua saudaranya yang menggunakan material titanium, model S ini menggunakan conrod dan header knalpot berbahan baja.

Lebih lanjut, Yamaha memilih bahan alumunium untuk velg dan tutup mesin menggantikan magnesium yang digunakan pada versi R1 dan R1M. Alhasil, bobot R1S lebih berat 4 kilogram dari R1.

Di luar itu, Yamaha juga melucuti peranti quick shifter untuk perpindahan transmisi. Namun demikian, peranti inertial measurement unit (IMU) tetap dipertahankan untuk menjaga kontrol traksi.

Perubahan mekanis ini dikatakan membatasi putaran mesin. Agar tidak terkesan motor murah, Yamaha tidak memasang stiker 'S' pada moge bermesin 1.000 cc ini.

Menyoal harga, Yamaha melepas R1S di AS dengan banderol US$ 14.990 atau sekira Rp 208,9 jutaan. Harga ini lebih murah US$ 2 ribu atau sekira Rp 27,86 jutaan dari R1 standar.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini