Sukses

Arti di Balik Deretan Nama Model Lamborghini

Lamborghini mengadopsi nama-nama yang terbilang aneh di telinga.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal Lamborghini, produsen otomotif ini ahlinya membangun mobil dengan performa tinggi. Adalah Ferrucio Lamborghini, tokoh pendiri sekaligus pemilik pabrikan otomotif yang bermarkas di Bologna ini. Ia banting setir dari usaha sebelumnya yang merupakan pabrikan traktor pertanian terkemuka di Italia menjadi pabrikan mobil super.

Dalam menciptakan produknya, Lamborghini mengadopsi nama-nama yang terbilang aneh di telinga namun memiliki filosofi dibaliknya. Tiap model baru yang diluncurkan pasti menggunakan nama yang berbeda dari model-model sebelumnya.

Ingin tahu makna dibalik nama model-model supercar garapan Lamborghini? Berikut ini uraiannya yang dilansir dari Carophile, Selasa (20/10/2015)

1. Lamborghini Islero.

Foto: Carophile

Islero adalah supercar pertama yang diproduksi Lamborghini. Model ini debut pada 1968 dan diproduksi setahun setelahnya.

Islero sendiri adalah nama banteng asal Miura, dekat Sevilla di Spanyol. Banteng ini matador terkenal bernama Manolete pada 28 Agustus 1947 setelah tanduk sebelah kanannya memutuskan arteri femoralis.

Banteng ini memiliki penglihatan yang buruk dan cenderung untuk menyeruduk dengan tanduk sebelah kanan. Banteng ini masih sempat melawan sekalipun Manolete telah menghunuskan pedang Espada hingga tertancap jauh dan menyisakan pangkalnya.

2. Lamborghini Espada

Foto: Carophile

Lamborghini menamai model kedua supercar garapannya dengan Espada. Mobil ini diproduksi dalam kurun waktu 1968 hingga 1978 dalam tiga seri yang berkelanjutan.

Dalam bahasa Spanyol, Espada berarti pedang. Biasanya, Espada digunakan oleh para matador saat sedang atraksi adu banteng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Miura - Urraco - Countach

3. Lamborghini Miura

Foto: Carophile

Miura merupakan salah satu mobil ikonik yang pernah diciptakan Lamborghini. Nama Miura sendiri diambil dari salah satu tipe banteng petarung yang terkenal.

Supercar ini dibangun atas keinginan langsung dari Ferrucio. Tim insinyur Lamborghini merancang Miura di waktu luang mereka. Miura diperkenalkan pertama kali pada Turin Auto Show 1965.

4. Lamborghini Urraco

Foto: Carophile

Lamborghini menciptakan Urraco sebagai supercar alternatif. Mobil ini dipasarkan dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang model-model Lamborghini lainnya.

Nama Urraco sendiri merupakan bahasa slang yang berarti anak banteng. Marcelo Gandini dari Bertone yang merupakan desainer Miura ikut bertanggung jawab dalam proses kelahiran si anak banteng.

5. Lamborghini Countach

Foto: Carophile

Lamborghini Countach adalah mobil sport yang didukung dapur pacu V12 dengan tata letak mesin tengah. Desainnya yang membentuk sudut tajam menjadi pionir bagi banyak model kendaraan berperforma tinggi yang saat ini populer.

Kata Countach sendiri diambil dari bahasa lokal Piemonte yang memiliki makna menyerukan keheranan.

Model ini jugalah yang menjadi pelopor pintu gunting pada generasi-generasi Lamborghini selanjutnya serta mempopulerkan desain kabin dengan posisi lebih maju untuk memaksimalkan ruang mesin sehingga lebih besar.

(ysp/ian)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini