Sukses

Skandal Dieselgate, Masihkah Orang Jerman Percaya Kualitas VW?

Sebuah survei menunjukkan bahwa dua pertiga masyarakat Jerman masih percaya pada Volkswagen (VW) pasca terbongkarnya Dieselgate.

Liputan6.com, Berlin - Sebuah survei menunjukkan bahwa dua pertiga masyarakat Jerman masih percaya pada Volkswagen (VW), meskipun dalam sebulan terakhir pabrikan tersebut dihantam kasus penipuan emisi/Dieselgate.

Survei yang dilakukan konsultan bernama Prophet ini melanjutkan, 65 persen responden menganggap skandal tersebut terlalu dibesar-besarkan. Karenanya, mereka juga menganggap VW masihlah pabrikan mobil terbaik.

Tiga perempat dari mereka mengaku masih akan membeli mobil VW jika memang menyukai model dan harganya sesuai. Sementara 63 persen responden berharap skandal ini akan dilupakan dalam waktu satu tahun.

Survei online yang melibatkan 1.000 orang tersebut juga menemukan bahwa 91 responden percaya bahwa produsen mobil lain juga memanipulasi uji emisi.

Hasil survei ini cukup mengagetkan. Prophet tidak menyangka jika hasilnya cukup positif. "Kualitas mobil tidak dipertanyakan," ujar kata Felix Stöckle, salah satu juru bicara Prophet, dikutip dari The Guardian, Rabu (21/10/2015).

"Keruntuhan dalam jangka panjang untuk merek (VW) bisa jadi jauh lebih kecil dari yang pengamat prediksi hari ini," tambahnya.

Volkswagen mengakui pada September lalu bahwa mereka memanipulasi hasil tes emisi mesin diesel dengan menggunakan perangkat lunak. Emisi gas buang sebenarnya jauh lebih kotor dibanding hasil pengujian.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.