Sukses

Ban Yokohama Bakal Pakai Spoiler

Ban bersirip dapat mengalirkan udara cukup baik.

Liputan6.com, Tokyo - Tidak hanya mobil, ban kendaraan di masa depan juga akan didukung dengan spoiler. Adalah Yokohama, produsen ban asal Jepang yang memperkenalkan ban mobil dengan spoiler pada bagian dindingnya.

Yokohama melakukan riset dengan bantuan tim dari Institute of Fluid Science, Tohoku University di Yokohama yang menambahkan sirip pada dinding ban. Sirip ini berfungsi mengurangi hambatan angin arus bawah, demikian dilansir Carscoops, Jumat (23/10/2015).

Ban unik tersebut akan diperkenalkan secara resmi pada edisi ke-44 Tokyo Motor Show yang diselenggarakan mulai 28 Oktober mendatang. Adanya spoiler ini menurut Yokohama memiliki manfaat yang besar.

Melalui hasil simulasi komputer memperlihatkan jika roda dengan ban tanpa sirip memiliki tidak mampu mengalirkan udara di sekitarnya. Sementara itu, roda yang didukung ban bersirip dapat mengalirkan udara cukup baik di bawah mobil.

Keuntungan yang diperoleh melalui sirip tersebut mengarah pada sisi efisiensi. Selain itu, adanya 'spoiler' juga ditengarai memiliki dampak posiif pada kinerja mobil.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini