Sukses

Cara Bongkar Pasang Aki Honda Beat

Berikut adalah cara bongkar pasang aki Honda beat karburator dan injeksi.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu sparepart penting agar Honda Beat tetap dalam kondisi prima adalah aki. Daripada ke bengkel yang memerlukan biaya tambahan, ada baiknya pemilik sepeda motor itu tahu bagaimana membongkar pasang bagian ini.

Nah, dalam hal ini, terdapat perbedaan antara Honda Beat karburator dan injeksi. Honda Beat karburator adalah Beat generasi pertama, sementara generasi terbaru telah dilengkapi dengan sistem injeksi.

Karburator

Pada Honda Beat karburator, posisi aki terletak di bawah jok. Untuk membongkarnya hanya perlu obeng saja. Saat jok dibuka, maka Anda dapat melihat penutup aki yang dibaut. Maka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka baut tersebut.

Setelah penutup dibuka, maka aki motor sudah terlihat. Untuk membongkarnya, pastikan kunci kontak dalam kondisi off. Kemudian lepas kabel kutub negatif (-) menggunakan obeng. Setelah itu baru lepas kabel kutub positif (+). Aki pun sudah bisa dilepas.

Nah, saat memasangnya kembali, lakukan hal sebaliknya. Pasang kutub (+) terlebih dahulu kemudian baru kutub (-).

Injeksi

Pada sistem injeksi, posisi aki Honda Beat terletak di bawah dek atau pijakan kaki. Alat yang digunakan sama, yaitu obeng plus. Dengan obeng itu, buka baut dan kemudian cungkil untuk membuka tutupnya.

Saat dibuka, maka akan terlihat cover aki yang direkatkan dengan dua baut. Lepaskan dua baut ini juga dengan obeng. Setelah cover aki dibuka, maka lepaskan juga baut yang menahan aki. Aki pun sudah bisa dilepas.

Untuk memasang aki kembali, lakukan langkah-langkah yang sama seperti saat dibongkar. Ingat, jangan sampai ada yang longgar.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini