Sukses

Toyota Geser Kepemimpinan Volkswagen Berkat Dieselgate

Toyota berhasil `mengkudeta` Volkswagen (VW) sebagai pabrikan otomotif terlaris di dunia September lalu.

Liputan6.com, Tokyo - Toyota berhasil `mengkudeta` Volkswagen (VW) sebagai pabrikan otomotif terlaris di dunia September lalu. Padahal, sampai dengan enam bulan pertama tahun ini, VW masih kokoh di puncak klasemen.

Dilaporkan Automotive News, Toyota berhasil menjual 7,49 juta unit kendaraan hingga September, mengalahkan VW yang `hanya` mencatatkan angka 7,43 unit mobil.

Menurunnya penjualan VW ini sangat dipengaruhi oleh terbongkarnya skandal emisi gas buang (Dieselgate). Kurang dari dua minggu skandar itu terbongkar, jumlah penjualan VW akhirnya disalip Toyota.

"Toyota akan menjadi nomor 1 di tahun ini," ujar Koji Endo, analis dari Advance Research Japan. "VW mungkin akan menghadapi kesulitan penjualan di Eropa dan Amerika Serikat (AS) di tahun depan, dan saya tidak melihat pasar China akan pulih dalam waktu dekat," tambahnya.

Karena skandal Dieselgate, VW terpaksa harus menarik 11 juta mobil di seluruh dunia, menghentikan penjualan mobil Diesel, serta mengalami penurunan penjualan sebanyak 7,4 persen di pasar terbesar mereka di Tiongkok.

Skandal emisi VW juga berakibat pada mundurnya sang CEO, Martin Winterkorn, yang telah menetapkan visi untuk menjadi pabrikan mobil terlaris tahun ini.

Sementara Toyota sendiri, baru-baru ini dilaporkan siap untuk mengirim Prius baru yang diklaim lebih sporty. Dengan penyegaran ini, mereka berharap posisi pertama pabrikan terlaris tetap dalam genggaman.

Bukan hanya itu, pabrikan asal Jepang ini juga akan menambah fitur keselamatan di SUV paling mahal mereka, Land Cruiser, untuk beberapa pasar, termasuk di AS.

Apakah strategi ini benar-benar bisa membuat Toyota menjadi pabrikan paling laris hingga akhir tahun nanti? Kita tunggu saja hasilnya nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini