Sukses

Harga Mobil Bekas di Indonesia Paling Murah se-Asia

Rata-rata harga mobil bekas di Indonesia Rp 202 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil bekas menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan dengan kondisi keuangan yang minim. Untuk harga jual rata-rata mobil bekas, Indonesia ternyata paling murah di antara negara-negara lainnya di Asia.

Melalui keterangan resmi yang diterbitkan oleh situs jual beli mobil Carmudi, rata-rata harga mobil bekas di Indonesia adalah Rp 202 juta. Sementara itu, harga jual rata-rata di negara berkembang Asia lainnya, misalnya di Pakistan (Rp 205 juta), Filipina (Rp 228 juta), Sri Lanka (Rp 380 juta), dan Bangladesh (Rp 460 juta).

Harga yang murah, permintaan yang cukup besar, dan semakin tumbuhnya perekonomian negara ini menjadi stimulus utama mengapa Indonesia menjadi primadona di dunia otomotif,” ujar Gunnar Rentzsch, Managing Director Carmudi Indonesia.

Memang rata-rata harga mobil bekas di Indonesia terhitung murah. Namun kondisi penjualan tahunan untuk 2015 diprediksi akan menurun dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya. Ini disebabkan menurunnya daya beli dan kepercayaan masyarakat serta tingginya suku bunga dan inflasi.

Meskipun begitu, jual beli kendaraan bermotor di Indonesia diyakini akan terus tumbuh seiring membaiknya kondisi perekonomian. Hal ini juga tak lepas dari semakin banyaknya sarana jual beli yang tersedia, mulai dari yang konvensional (dealer dan showroom), maupun melalui online.

"Dalam satu tahun terakhir kami melihat terjadi pergeseran cara masyarakat dalam memperoleh informasi dan melakukan jual beli kendaraan. Masyarakat mulai mengkombinasikan pencarian informasi secara konvensional melalui kunjungan ke dealer dan showroom dengan mencari informasi harga dan fitur terbaik secara online," ujarnya.

(ysp/ian)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini