Sukses

Mobil Ford Bisa Terhubung dengan Facebook

Industri otomotif semakin mengintegrasikan berbagai fiturnya dengan sosial media. Salah satunya adalah Ford.

Liputan6.com, California - Industri otomotif semakin mengintegrasikan berbagai fiturnya dengan sosial media. Salah satunya adalah pabrikan asal Amerika Serikat (AS), Ford.

Dilaporkan Stuff, mereka baru saja bekerja sama dengan aplikasi smartphone yang disebut Meople, yang kompatibel dengan iOS dan Android. Dengan ini, generasi terbaru konektivitas Ford nantinya bisa membuat pengemudi terhubung dengan sosial media seperti Facebook dan Twitter.

Jadi, fitur ini juga membuat pengemudi bisa membaca pesan dari sosial media mereka. Bukan hanya membaca, dengan fitur Sync Voice, mereka bahkan bisa menjawab, dan bahkan melewatkan tiap pesan yang masuk.

Seperti banyak pabrikan mobil, Ford menyadari bahwa generasi pengemudi hari ini dan masa depan adalah mereka yang selalu ingin terhubung dengan internet. Bahkan, The Reuters Institute Digital News Report 2015 memprediksi satu dari tiga orang di dunia akan menggunakan media sosial tiga tahun lagi.

Meski begitu, rencana mengembangkan fitur ini sudah menimbulkan kekhawatiran beberapa pihak. Mereka yang kontra, misalnya, menganggap fitur-fitur ini akan mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Di AS, seorang politisi juga mengeluarkan ide untuk membatasi pengguaan teknologi ini melalui undang-undang, jika seandainya pabrikan tidak berupaya untuk membatasi dirinya sendiri dan melihat potensi bahaya pada produknya.

Beberapa pabrikan memang telah mengadopsi OS Android dan iOS sebagai fitur hiburan. Salah satunya adalah Hyundai. Bahkan, model seperti Honda Accord 2016 dan Chevrolet Cruze dilengkapi dengan dua OS sekaligus.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini