Sukses

Gogoro, Motor Matik Cerdas Berbasis Android

Duo mantan pekerja perusahaan teknologi raksasa berhasil membuat motor skutik bertenaga listrik bernama Gogoro.

Liputan6.com, Taiwan - Inovasi kembali hadir di industri otomotif. Kali ini datang dari Taiwan. Duo mantan pekerja perusahaan teknologi raksasa berhasil membuat sepeda motor skutik bertenaga listrik bernama Gogoro.

Melansir CNET, Selasa (9/11/2015), terdapat beberapa keunggulan lainnya dari motor matik  ini, selain daripada ramah lingkungan. Salah satunya adalah pengemudinya mampu mengatur berapa tenaga yang dapat dikeluarkan mesin.

Beberapa bagian motor juga dapat dipantau dan dikustomisasi melalui smartphone. Salah satunya ada di warna panel yang dapat diubah sesuka hati. Puluhan sensor juga membuat pengemudinya mampu memantau kondisi motor di tiap incinya.

Melalui smartphone, yang memanfaatkan platform Android atau iOS, pengemudi bisa mendapat layanan serta posisi stasiun pengisian tenaga listrik terdekat.

Sepeda motor ini dirancang dengan menyesuaikan kondisi bentang alam Taiwan yang berbukit-bukit. Dijelaskan oleh Horace Luke, pendiri sekaligus CEO Gogoro, motor buatan perusahaannya diklaim tangguh melibas tanjakan.

"Apa yang telah kami bangun adalah skuter yang mampu benar-benar naik ke atas bukit dengan kecepatan 100 km/jam. Kadang-kadang dengan seorang teman di bagian belakang," ujar Luke.

Gogoro menggendong dua baterai yang dapat menempuh jarak hingga 97 km dalam satu kali isi ulang. Akselarasinya pun tidak bisa dibilang buruk, karena dapat mencapai angka 50 km/jam dalam waktu 4 detik.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini