Sukses

Service Motor Pertama Kali, Komponen Apa Saja yang Diperiksa?

Di dealer resmi, perawatan ini biasanya bebas biaya alias gratis. Lalu, apa saja yang akan diperiksa oleh mekanik?

Liputan6.com, Depok - Pemilik sepeda motor baru wajib melakukan servis pertama kali pada km atau waktu penggunaan tertentu. Di dealer resmi, perawatan ini biasanya bebas biaya alias gratis. Lalu, apa saja yang akan diperiksa oleh mekanik?

Di Mitra Jaya, bengkel dan dealer resmi Honda yang terletak di Jalan Raya Bogor Km 24, terdapat sembila aspek yang akan diperiksa, terutama untuk sepeda motor matic. Di antaranya adalah pemeriksaan jarak renggang klep, ganti oli, putaran stasioner mesin, hingga bantalan kepala kemudi.

"Begitu pit naik, kita cek lampu, begitu dinaikkan, cek rem depan, belakang, lalu bagian oli. Setelah itu baru lepas busi, dan cover cylinder head untuk penyetelan klep," ujar Izas Ismail, mekanik dan Sevice Advisor Mitra Jaya Depok, Selasa (10/11/2015).

Izas menuturkan, waktu yang dihabiskan untuk pemeriksaan seluruh item tersebut adalah 35 hingga 40 menit. Rata-rata waktu ini adalah standar yang ditetapkan oleh Astra Honda Motor (AHM) untuk seluruh bengkel resmi mereka. Standar ini dinamakan Flat Rate Time (FLR).

"Dari semuanya, yang paling lama adalah pemeriksaan jarak renggang klep," ujarnya. Jarak renggang klep ini berbeda-beda tiap modelnya. Sebagai contoh adalah Honda Vario 125. Jarak renggang klep intake yang ideal untuk motor ini adalah 0,15 mm, sementara klep exhaust-nya 0,25 mm.

Servis sepeda motor pertama kali umumnya dilakukan setelah dua bulan pemakaian, atau setelah melewati jarak 1.000 km. Sebelumnya, waktu yang ditetapkan untuk sepeda motor matic non-PGMFi adalah 500 km atau 1 bulan penggunaan. "Ini karena teknologinya makin maju," imbuh Izas.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini