Sukses

Didukung Penggerak Empat Roda, MINI Clubman Makin Lincah di Aspal

PIlihan all wheel drive membuat harga mobil lebih mahal US$ 1.500 atau sekira Rp 20,4 jutaan dari versi standar.

Liputan6.com, Oxford - MINI semakin bernafsu melakukan evolusi radikal terhadap model-model andalannya. Tidak hanya membuat ukurannya makin melar, pabrikan yang bermarkas di Oxford, Inggris ini dilaporkan akan membekali Clubman terbaru dengan All4 atau sistem penggerak semua roada alias all wheel drive.

Dilansir Autoblog, Rabu (11/11/2015), sistem penggerak roda ini diadopsi dari BMW Seri 2 Active Tourer yang dibangun dari platform UKL MINI. Adapun MINI Clubman All4 akan tersedia pada musim semi 2016 mendatang.

Baca Juga

Adanya opsi penggerak ini dipastikan mengatrol harga jual kendaraan lebih mahal US$ 1.500 atau sekira Rp 20,4 jutaan dari versi standar.

Dijelaskan, layout sistem All4 ini bekerja menggunakan piringan kopling ganda di as belakang untuk transfer tenaga ke roda. Traksi akan dilimpahkan seluruhnya pada roda belakang terutama dalam keadaan darurat. Saat traksi tambahan tidak diperlukan, tenaga akan ditransfer ke roda depan.

Sistem All4 juga akan digunakan pada varian terganas MINI yaitu John Cooper Works yang mulai diproduksi pada November tahun depan. Lebih lanjut, penggerak seluruh roda ini diisukan juga akan hadir pada model-model MINI lainnya antara lain Cooper S, Countryman, serta Clubman Cooper.

Rumor yang beredar pun menyebut jika sistem all wheel drive kedepannya akan diprioritaskan pada model-model crossover. Ini dimaksudkan agar model tersebut lebih siap untuk melintasi medan off road.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.