Sukses

Bikin Audio Motor Gede Kian Berkelas, Ini Resepnya

Sejumlah model Harley-Davidson memang telah memiliki perangkat audio. Tapi bagi yang kurang puas, ini resepnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemotor, mendengarkan musik sembari berkendara bisa memecah konsentrasi. Pun begitu bagi mereka yang doyan touring pakai motor gede (moge) Harley-Davidson (HD).

Namun, Hendy, pemilik HD tipe Road Glide lansiran 2013 asal Surabaya, justru beranggapan lain. Menurutnya semua terletak pada pengendara. Bahkan mengakses hiburan dari fitur audio yang ada di motor Harley-Davidson lebih aman daripada menggunakan headset.

"Saya justru ngeri bila bikers menggunakan headset saat touring. Soalnya, tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan," ucap anggota Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Surabaya ini.

Diakuinya, perangkat audio bawaan yang ada pada Harley-Davidson memiliki kualitas baik. Namun, melalui rumah modifikasi X-Trem, pria asal Surabaya ini justru ingin membenamkan perangkat Cello Audio pada moge asal Amerikanya itu.

"Agar lebih berkualitas perlu penambahan di sektor bass-nya," tutur Deden dari X-Trem.

Untuk menjawab permintaan sang pemilik moge, empat unit subwoofer aktif Cello tipe SUB5 lima inci dipasang. Deden mengakui, bukan perkara mudah untuk menyisipkan perangkat audio tambahan. Sebab, ruang yang ada sangat terbatas.



"Untung ada subwoofer berukuran mini, jadi kita tidak perlu custom boks subwoofer yang besar," imbuh dia.

Nah, Deden pun memanfaatkan ruang yang ada di bagasi di sebelah kanan dan kiri.  "Ukuran satu bagasi sesuai dengan volume kubikasi dua subwoofer SUB5 ,"  katanya.



Tantangan tak berhenti di situ, saat memasangan tweeter, Deden pun mengalami kendala. Alhasil, ia memanfaatkan rumah speaker di steer fairing, yang menjadi lokasi speaker midbass.



"Pemasangan tweeter digabungkan dengan speaker midbass. Teknis peletakanya ditumpuk."

"Agar tak terlihat mencolok, seluruh perangkat audio disembunyikan di tempat yang kosong. Tujuannya agar terlihat masih original di tampilan luarnya," jelas Deden.

Nah, untuk modifikasi audio ini, Hendy mengalokasikan kocek tak kurang dari Rp 35 juta dengan lama waktu pengerjaan empat hari. So, bagi Anda yang berniat memberikan sentuhan pada sektor audio untuk moge Harley-Davidson, tunggu apa lagi...

(rpm/gst)

Bagi Anda yang punya hasil modifikasi mobil ataupun motor dan ingin tampil di otomotif.liputan6.com Kirimkan karya Anda ke otoliputan6@gmail.com. Jangan lupa ceritakan konsep modifikasi, spesifikasi teknis dan fotonya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.