Sukses

Pemerintah Brasil Denda VW Sebesar Ratusan Miliar, Ada Apa?

Pemerintah Brasil menghukum Volkswagen (VW) dengan denda sebesar US$ 13,2 juta atau sekira Rp 180,8 miliar karena Dieselgate.

Liputan6.com, Brasilia - Pemerintah Brasil mendenda Volkswagen (VW) sebesar US$ 13,2 juta atau sekira Rp 180,8 miliar. Hukuman ini diberikan terkait Dieselgate.

Dilaporkan Yahoo, El Instituto Brasileño de Medio Ambiente (Institut Lingkungan Brasil/Ibama) mengatakan, emisi gas buang VW tidak sesuai dengan standar negara terpadat di Amerika Selatan itu.

Denda tersebut diberikan agar perwakilan VW di negara tersebut sesegera mungkin memenuhi persyaratan lingkungan yang ditetapkan.

Sebelum dikenai denda, pabrikan mobil ini sebetulnya telah mengalami sanksi sosial. Dalam laporan Ibama, tidak ada satupun mobil VW yang terjual pasca Dieselgate terkuak.

Beberapa waktu lalu, VW Brasil mengumumkan penarikan pada 17 ribu lebih unit mobil yang terindikasi menggunakan mesin Diesel yang sangat kotor. Emisi gas yang dikeluarkan mesin ini jauh lebih tinggi dibanding klaim.

Skandal Dieselgate ini sendiri merupakan penyebab krisis terbesar raksasa otomotif Jerman ini sepanjang sejarah. Bagaimana tidak, 11 juta kendaraan harus ditarik atau diganti karena memiliki perangkat lunak yang dirancang untuk menipu tes emisi.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.