Sukses

Jelang Musim Hujan, Saatnya Bersihkan Rem

Debu yang nyangkut di dalam hub roda jadi lumpur terkena cipratan air.

Liputan6.com, Jakarta Rem menjadi komponen vital pada kendaraan karena berfungsi mengurangi kecepatan pada roda yang berputar. Namun demikian, banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan kondisi rem dan baru memperbaiki saat sudah muncul masalah.

Nah, mumpung masih awal periode musim penghujan, Anda sebaiknya menyempatkan waktu untuk membersihkan rem setelah sekian lama tidak mendapat perhatian saat musim panas. Tujuannya, agar perangkat rem tidak macet saat terkena genangan air hujan.

"Setelah perpindahan musim panas ke hujan, biasanya masalah yang terjadi berkaitan dengan rem macet. Ini disebabkan debu yang nyangkut di dalam hub roda jadi lumpur kena air yang nggak semuanya terbuang," jelas pembalap reli nasional, Rifat Sungkar, Sabtu (14/11).

Rifat menjelaskan jika efek yang disebabkan karena rem yang kotor adalah berpotensi membuat noise saat komponen bekerja. Adapun dampak terparah karena rem yang tidak kunjung dibersihkan menurut pembalap berusia 37 ini adalah membuat piringan cakram tergores dan rem macet saat berhenti.

"Nah, ketika roda di buka waktu di cross, sekalian dibersihkan sisa debunya. Piringan yang tergores kemungkinan butuh diganti kalau goresannya sudah tidak bisa dihilangkan," tuntasnya.

(ysp/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini