Sukses

Siapkan Mobil Otonomos, Ford Mobil Coba di Kota Simulasi

Ford menjadi pabrikan mobil petama yang melakukan uji coba mobil tanpa sopir atau otonomos di kota simulasi bernama M City, Michigan.

Liputan6.com, Michigan - Ford menjadi pabrikan mobil petama yang melakukan uji coba mobil tanpa sopir atau otonomos di kota simulasi bernama M City, dibangun di Ann Arbor, Universitas Michigan, Amerika Serikat (AS).

Menurut Raj Nair, Vice President Global Product Development Ford, uji coba ini sangat menantang sekaligus aman. Di kota simulasi ini, uji coba, pemeriksaan, hingga pengembangan teknologi baru dapat dilakukan dengan bebas.

"Ini adalah langkah penting untuk membuat hidup jutaan orang lebih baik dan memperbaiki mobilitas mereka," ujar Nair, dikutip dari Dailymail, Selasa (17/11/2015).

Sebagaimana kota pada umumnya, di M City terdapat jalanan, gedung, trotoar, serta lengkap dengan rambu lalu lintasnya. Yang tidak ada hanyalah manusianya.

Di tempat ini, mobil otonomos dihadapkan pada semua kondisi jalan, masuk terowongan, menanjak, pindah jalur, membaca lalu lintas, hingga pergerakan pejalan kaki.

Mobil semi otonomos Ford yang diuji coba ini berada di bawah pengawasan Ford Fusion Hybrid Autonomous Research Vehicle. Beberapa teknologi yang diuji coba adalah kamera depan, radar, sensor ultrasonik, dan sensor lidar.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.