Sukses

3 Mobil Terlaris Sepanjang Masa

Berikut adalah tiga mobil terlaris sepanjang masa.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia otomotif, terutama kendaraan roda empat, memiliki sejarah yang panjang. Beberapa literatur mengungkap bahwa kendaraan bertenaga uap pertama kali dibuat pada akhir abad ke-18 oleh pria bernama Nicholas-Joseph Cugnot. Perkembangannya semakin maju sering dengan ditemukannya teknologi baru.

Sampai saat ini, mobil menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat modern. Selain mobilisasi, mobil dapat meningkatkan prestise seseorang. Di satu sisi, produsen mobil juga tidak berhenti menciptakan model-model anyar, teknologi baru, atau sekadar penyegaran dari versi lawas.

Dari sekian banyak mobil yang pernah diproduksi, tentu ada model-model yang paling banyak diminati sepanjang masa. Mereka memiliki kelebihan masing-masing. Misalnya, memiliki teknologi yang lebih maju, strategi pemasaran yang ciamik, atau memang usianya yang panjang.

Menurut beberapa sumber, tiga model teratas diproduksi oleh pabrikan yang berasal dari negara yang berbeda. Ketiganya mewakili benua Asia, Eropa, dan Amerika. Dilansir dari Autoblog dan MSN, berikut tiga model paling laris sepanjang masa tersebut:

>> Klik laman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi 3

Volkswagen Golf

Meskipun dalam beberapa waktu terakhir ini Volkswagen (VW) tertimpa masalah besar karena terkuaknya skandal Dieselgate, fakta menyebutkan bahwa salah satu modelnya menempati posisi ketiga mobil terlaris sepanjang masa. Model tersebut adalah VW Golf.

VW Golf pertama kali diperkenalkan pada 1974. Bentuk tubuh Golf terdiri dari banyak variasi. Di antaranya adalah hatchback 5 pintu, wagon 5 pintu, convertible 2 pintu, serta MPV 5 pintu.

Sempat berganti nama menjadi Rabbit pada 2006 dan dinamai Golf lagi pada 2010, serta dikenal juga dengan VW Cabrio dan Caribe, model ini telah terjual sebanyak 27,5 juta unit per Februari 2015. Pada 2007, Golf juga mendapat penghargaan sebagai World Car of the Year.

3 dari 4 halaman

Posisi 2

Ford F. Series

Mobil pikap yang dibuat oleh pabrikan Amerika Serikat (AS) ini tercatat sebagai model kedua terlaris di dunia sepanjang masa. Sejak 1948 sampai Februari tahun ini, F-Series terjual hingga 35 juta unit di seluruh dunia.

Varian terpopuler F-Series ini adalah F-150. NY Daily News pada 2014 lalu menyebutkan bahwa F-150 menjadi kendaraan terlaris dalam 32 tahun dengan total penjualan mencapai 15,6 juta unit. Sementara The Globe and Mail mencatat F150 adalah kendaraan terlaris di Kanada.

Tahun ini, Ford F-150 teah memasuki generasi ke-13, jumlah yang pasti sulit dicapai model lain. Ford juga pernah mengeluarkan model spesial untuk F-150, di antaranya adalah model Eddie Bauer, F-150 Nite, Camper Special, SVT Lightning, dan Harey-Davidson Edition. 

4 dari 4 halaman

Posisi 1

Toyota Corolla

Sampailah kita pada model paling laris sepanjang masa, Toyota Corolla. Model yang diciptakan oleh pabrikan raksasa asal Jepang ini memulai debut pada 1966. Hanya butuh waktu 8 tahun sampai mobil ini menggeser kepemimpinan VW Kodok yang saat itu sudah melegenda.

Pada Juli 2013, Corolla berhasil mencatatkan angka penjualan sebanyak 40 juta unit. Cukup jauh dari Ford-F Series. Tentu, angka ini sekarang sudah bertambah. Pada 2013 saja, Corolla terjual lebih dari 300 ribu unit di AS, 44 ribu di Kanada, dan 43 ribu di Australia.

Sampai saat ini, model yang diproduksi di pabrik Toyota di Brasil, Kanada, Tiongkok, India, Pakistan, Afrka Selatan, Thailand, Vietnam, Turki, dan Venezuela ini telah memasuki generasi ke-11.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.