Sukses

Skandal VW Kini Ancam Klub Sepak Bola Jerman, Apa Sebab?

VW berencana pangkas anggaran untuk sponsor empat klub sepak bola Jerman.

Liputan6.com, Wolfsburg - Tiga klub sepak bola yang berlaga di Bundesliga terancam pasokan finansialnya akibat skandal Dieselgate. Pasalnya, untuk menyelesaikan masalah ini, Volkswagen (VW) harus berhemat, di mana salah satu pos yang mungkin dipangkas adalah sponsorship.

Melansir Reuters, Selasa (24/11/2015), tiga klub Bundesliga yang dimaksud adalah Hannover 96, Werder Bremen, dan Schalke 04. Satu klub lagi yang berada di kasta lebih bawah adalah 1860 Munich.

Menurut media Jerman Bild am Sonntag, VW menghabiskan dana tak kurang dari 1,5 juta euro per klub untuk satu musim. Selain itu, mereka juga kemungkinan tidak lagi mensponsori klub hoki Grizzlys Wolfsburg sebesar 5 juta euro/tahun.

Jumat pekan lalu, VW telah memutuskan untuk memangkas 1 miliar euro dari dana investasi tahun depan. Meski demikian, mereka belum merinci akan menghemat dana sebesar itu dari pos-pos mana saja.

Jumlah pemangkasan itu sebetulnya belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan potensi kerugian yang dialami VW. Analis otomotif mengatakan bahwa pabrikan itu mungkin akan dibebankan tagihan sebesar 35 juta miliar euro.

Skandal ini sendiri diakui merupakan krisis bisnis terbesar dalam sejarah 78 tahun pabrikan. September lalu, VW mengakui bahwa mereka menginstall aplikasi pada mobil Diesel untuk menipu regulator AS tentang tingkat emisi.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini