Sukses

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Bikers Saat Hujan

Berikut adalah tiga hal penting yang harus diperhatikan bikers untuk meminimalisasi kecelakaan saat musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan telah tiba. Dibanding musim kemarau yang lalu, pengguna kendaraan bermotor harus lebih hati-hati. Sebab, banyak faktor yang membuat potensi kecelakaan lebih tinggi.  

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan bahwa ada 3 hal penting yang harus diperhatikan pengendara, terutama para bikers. Tiga hal tersebut adalah posisi bahaya, traksi, dan visibilitas.

Menurut dia, jika ketiga hal ini diperhatikan dengan seksama, maka potensi celaka saat hujan bisa diminimalisasi. Berikut ulasannya:

Posisi bahaya

Saat musim kemarau atau kering, bahaya dapat muncul dari 4 arah: depan, belakang, kanan, kiri. Sementara pada musim hujan, posisi bahaya bertambah 2: dari atas dan dari bawah.

Menurut Jusri, bahaya dari atas dapat terjadi karena benda-benda terkena angin kencang yang turun bersama hujan. Dari mulai billboard, pohon, terpal truk, tiang listrik, dan benda-benda sejenis. Sementara posisi bahaya dari bawah berasal dari, misalnya, polisi tidur hingga lubang.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka bikers wajib untuk lebih berhati-hati, terutama saat melewati wilayah yang bukan lintasan yang sehari-hari dilalui. Selain itu, usahakan pula untuk tidak ada di lead position (paling depan) jika bergerombol.

>> Klik laman selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Lintasan traksi

Saat musim hujan, lintasan jalan akan semakin licin. Karena itu, bikers diwajibkan untuk memperhatikan satu faktor penting ini: ban.

Menurut Jusri, jangan gunakan ban yang tekanannya berlebih. Sebaliknya, usahakan menurunkan tekanan angin sebesar 2 psi. "Ini agar luasan ban yang terkena aspal semakin lebar," ujarnya.

Kemudian, perhatikan juga kondisi ban. Sebaiknya segera ganti ban jika keausan sudah lebih tipis dari 2 mm dari TWI (Tread Wear Indicator). Ganti juga ban jika usianya sudah melebihi empat tahun.

Visibilitas

Saat hujan, visibilitas menurun tajam. Apalagi jika hujan yang turun cukup deras dan disertai angin. Tentu, jika tidak diantisipasi, hal ini dapat membahayakan bikers, karena berkaitan dengan pengemudi dan objek-objek lain di jalanan.

Beberapa solusi dapat dilakukan untuk menghindari kecelakaan karena faktor ini. Pertama, pastikan headlamp berfungsi dengan baik. Kedua, gunakan helm yang berwarna cerah. Dan terakhir, pasang scotlight di sepatu, helm, atau jaket agar pengemudi di belakang dapat melihat Anda lebih baik.

"Kecelakaan kan bisa terjadi bukan karena kita tidak melihat, tetapi bisa juga karena pengemudi lain yang tidak lihat kita," tutup Jusri.

(rio/sts)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini