Sukses

Kota Mana di Indonesia yang Punya Manajemen Keselamatan Terbaik?

PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) mengumumkan pemenang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015.

Liputan6.com, Jakarta - PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) mengumumkan pemenang Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (3/12/2015). Ini adalah program ketiga yang berhasil diselenggarakan.

Penilaian pemenang IRSA mengacu pada lima pilar keselamatan jalan, yaitu manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, serta penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Di tahun ini, peserta terbagi dalam empat kategori, yaitu kota berpenduduk di atas 1 juta jiwa, kota berpenduduk di bawah 1 juta jiwa, kabupaten di atas 1 juta jiwa, serta kabupaten dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa.

Terdapat 76 kota atau kabupaten yang turut serta. Jumlah ini naik 64 persen dibanding tahun lalu. Setelah tahap seleksi, terpilihlah 16 kota kabupaten yang menjadi semifinalis. 16 kota kabupaten ini diperas kembali menjadi hanya 12 melalui survei dan observasi lapangan.

Tahun ini, pemenang dikelompokkan perkategori kabupaten dan kota dengan penduduk di bawah dan di atas 1 juta jiwa, serta pemenang kategori khusus yaitu inovasi terbaik serta peningkatan Indeks Total Keselamatan Jalan terbaik.

Berikut daftar pemenang selengkapnya:

- Pemenang kota dengan inovasi terbaik: Kabupaten Kudus.
- Pemenang kota dengan peningkatan Indeks Total Keselamatan terbaik: Tangerang.
- Pemenang kota dengan jumlah penduduk di atas 1 juta jiwa: Surabaya
- Pememang kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta jiwa: Jepara
- Pemenang kota dengan penduduk di bawah 1 juta: Balikpapan
- Pemenang kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta: Hulu Sungai Selatan

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.