Sukses

Otak di Balik Fenomena Stiker `Ayah, Ibu, Anak`

Adalah Phil Barham dan Monica Liebenow yang menggodok stiker kreatif ini pada 2008.

Liputan6.com, Jakarta - Stiker 'ayah, ibu, anak' menjadi popular. Kerap kita temui stiker ini menempel di kaca belakang mobil. Namun, tahukah Anda sosok di balik stiker fenomenal ini?

Adalah Phil Barham dan Monica Liebenow yang menggodok stiker kreatif ini pada 2008. Monica yang tak lain istri Phil bertugas sebagai desain grafis yang melahirkan karakter-karakter lucu.

"Saya pertama kali melihat satu bagian dari stiker ini ditempel di kaca mobil ketika dalam perjalanan bisnis ke California pada 2004," ujar Phil.

Sejak saat itu, Phil mulai tertarik untuk membuat stiker serupa yang lebih menarik. "Ketika itu tahun 2008, saya mulai melakukan banyak penelitian dan mulai mematenkannya," kata dia.

Masuk tahun 2009, keluarlah stiker yang ia sebut My Family dan mulailah dipasarkan. "Tujuh peretail tertarik menjual. Kami juga menjual itu di sekolah dan pasar kaget dalam 4 bulan awal," tuturnya. Demikian dilansir dari Businesslounge.

Tak ia sangka, stiker dengan karakter 'ayah, ibu, anak' itu digemari. Bahkan produknya bisa mendunia. Ia menandai pengiriman ke luar pasar Australia pertama pada Mei 2010. Saat itu tujuannya Jepang.

Kini Phil Barham dan Monica Liebenow patut berbangga hati. Stiker ini membumi, bukan cuma di Australia, tapi juga dunia.

Stiker 'ayah, ibu, anak' berbahaya

Namun kemunculan stiker 'ayah, ibu, anak' ini bukan tanpa tantangan. Kriminolog Bond University sekaligus mantan polisi Terry Goldsworthy menuturkan stiker seperti itu sama saja membuka kelemahan.

Ia mengharamkan informasi sejenis terpampang ke publik.

Golsworthy pun mengingatkan informasi itu bisa dimanfaatkan pihak lain untuk berbagai motif kejahatan.

"Ketika mereka mengetahui struktur keluarga, mobil dan rumah Anda, sementara stikernya mungkin tidak penting," kata dia.**

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini