Sukses

Bikers, Perhatikan Ini Sebelum Terjang Hujan

Sepeda motor harus dipersiapkan semaksimal mungkin untuk menghadapi segala situasi saat turun hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan menuntut para pemotor harus ekstra waspada dan hati-hati saat di jalan. Sepeda motor harus dipersiapkan semaksimal mungkin untuk menghadapi kondisi jalan yang licin karena basah serta visibilitas yang kurang.

Dijelaskan Jusri Pulubuhu, instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), peranti pencahayaan pada sepeda motor harus dipastikan bekerja dengan baik. Apalagi, jika motor tersebut sering menerjang hujan.

"Pastikan lampu-lampu bekerja dengan baik karena digunakan sebagai alat visibility bagi pengguna jalan lainnya. Selain itu, lampu menjadi alat komunikasi yang efektif saat musim hujan," bebernya saat dihubungi Liputan6.com.

Lebih lanjut, Jusri juga meminta kepada para pemotor untuk mengecek peranti kelistrikan dan kabel-kabel pada sepeda motor dalam kondisi baik. Ia mewanti-wanti agar jangan sampai ada soket atau kabel pada sepeda motor yang rusak.

"Apabila ada soket atau kabel yang rusak bisa terjadi shortcut atau korsleting. Jika terjadi korsleting, akan menghambat perjalanan si pemotor. Sambungnya.

Adapun persiapan yang tidak kalah penting menurut Jusri adalah tekanan ban. Pemotor diminta tetap mengisi angin dengan tekanan sesuai rekomendasi pabrikan ban.

"Kalau angin kurang berpotensi membuat ban terlipat. Kondisi seperti ini memperlebar kemungkinan terjadinya kecelakaan," tuntasnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini. **Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini