Sukses

Buntut Dieselgate, VW Jual Ducati, Lamborghini dan Bentley

VW berhutang beberapa lembaga keuangan hingga mencapai 20 miliar Euro.

Liputan6.com, Wolfsburg - Kecurangan standar emisi yang dilakukan oleh Volkswagen berbuntut panjang. Untuk menutupi biaya recall ke sejumlah mobil yang bermasalah, VW siap untuk melepas asetnya termasuk di dalamnya beberapa merek otomotif yang berada di bawah payung VW Group.

Dilansir Shiftinggears, Selasa (8/12/2015), Ducati, Lamborghini, dan Bentley siap dilepas ke publik. Sementara itu, pabrikan truk MAN juga sedang dipertimbangkan untuk dijual kepemilikan sahamnya sebagai alternatif jika tidak menjual ketiga merek yang penjualannya tidak terlampau besar.

VW menghadapi berbagai masalah di seluruh dunia akibat ulah curang memanipulasi standar emisi. Mereka harus membayar denda besar sebagai bentuk hukuman terhadap aksinya ini.

VW sebelumnya telah meminta bantuan kepada beberapa lembaga keuangan hingga mencapai 20 miliar Euro berupa pinjaman satu tahun. Apabila raksasa otomotif asal Wolfsburg ini gagal bayar, maka mereka akan melakukan divestasi merek. Dengan segala tuntutan ini, VW butuh waktu lama untuk memulihkan keuangan dan stabilitas perusahaan.

Adapun kasus yang melibatkan VW ini bermula dari temuan hasil emisi mesin diesel yang telah dimanipulasi oleh perangkat lunak. Emisi gas buang sebenarnya jauh lebih kotor dibanding hasil pengujian.

Di Amerika Serikat, VW Group meminta jaringan dealernya untuk mengentikan penjualan kendaraan yang disokong mesin V6 TDI. Merek-merek mobil yang ditarik selain VW terdapat juga Audi dan Porsche.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.