Sukses

5 Fitur yang Dulunya Cuma Ada di Mobil Mahal, Apa Saja?

Fitur-fitur ini hanya tersedia untuk mobil-mobil kelas premium.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin meningkatnya kebutuhan manusia ketika berada di mobil menuntut pabrikan otomotif putar otak untuk menyiapkan ragam fitur pendukung. Dengan sebagian besar pengguna mobil di dunia saat ini yang kebanyakan dari segmen menengah, mau tidak mau pabrikan harus menyediakan fitur-fitur di model mereka yang harganya terjangkau pasar.

Fitur-fitur yang lazim ditemui pada mobil-mobil modern saat ini tidak langsung hadir begitu saja menyasar segmen menengah. Di awal kemunculannya, fitur-fitur ini hanya tersedia untuk mobil-mobil kelas premium atau mobil yang diproduksi oleh merek kelas atas.

Pada perkembangannya, fitur-fitur ini dirasa juga perlu untuk model-model di bawahnya. Pabrikan otomotif lantas menyiapkan fitur tersebut sebagai nilai tambah kendaraan.

Berikut ini fitur-fitur wah yang banyak dijumpai pada mobil-mobil mainstream seperti dilansir Motortrend, Jumat (11/12/2015):

1. Pencahayaan LED

Saat ini, lazim dijumpai mobil-mobil kelas menengah telah didukung dengan sistem penerangan LED. Namun, fitur ini pada awalnya hadir pada mobil-mobil premium.

Adalah Audi, pabrikan asal Jerman ini yang memperkenalkan sistem pencahayaan LED untuk menggantikan lampu halogen dan HID. Pada perkembangannya, mobil di segmen menengah seperti Honda Accord atau Mazda6 turut menawarkan headlight LED sebagai fitur standar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kamera Belakang - Panoramic Sunroof

2. Kamera Belakang

Di awal kemunculannya, kamera belakang hanya ada pada mobil-mobil mewah atau mobil besar. Pada perkembangannya, Fitur yang memudahkan ketika parkir mundur ini sekarang sudah banyak ada pada kendaraan hingga ke segmen entry level seperti Daihatsu Xenia.

Penggunaan kamera belakang ini semakin berkembang seiring dimensi mobil yang makin bongsor. Selain itu, di beberapa negara juga mulai mewajibkan penggunaan kamera belakang sebagai salah satu bagian dari peraturan keselamatan.

3. Panoramic Sunroof

Foto: Motor Trend

Mobil-mobil lawas jarang yang menggunakan fitur panoramic sunroof atau atap terbuka. Kalaupun ada, hanya segelintir mobil yang menggunakannya dan biasanya mobil dari segmen kelas atas.

Panoramic sunroof saat ini sudah menjadi fitur standar di banyak model kelas menengah. Mobil kelas menengah yang mulai menggunakan panoramic sunroof sebagai standar fitur adalah Scion tC pada 2005 lalu.

3 dari 3 halaman

Sistem Navigasi - Jok Kulit Premium

4. Sistem Navigasi

Digital map yang terpampang pada panel tengah dashboard sudah menjadi fitur bawaan yang lazim pada mobil-mobil baru. Siapa sangka, fitur ini di awal kemunculannya berupa grafis sederhana.

Pada dekade 2000an sistem navigasi hanya dapat memberikan arah tanpa adanya bantuan lain. Saat ini, sistem navigasi yang di antaranya didukung OS Android juga memberi laporan lalu lintas, rute alternatif, hingga SPBU dan rumah makan terdekat.

5. Jok Kulit Nappa

Foto: Motor Trend

Nappa dikenal sebagai penyedia sarung jok premium berbahan kulit. Merek ini sebelumnya hanya tersedia sebagai fitur opsional pada BMW Seri 5 atau Audi A6.

Kia menjadi produsen otomotif pertama di dunia yang menggunakan Nappa sebagai paket bawaan di model Optima tipe SXL keluaran 2012. Saat ini, Kia juga telah menyediakan jok kulit Nappa pada model Sorento di mana telah tersedia tiga pilihan warna yakni hitam, kombinasi krem gading serta merah-hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini