Sukses

Innova Diesel Paling Diminati di Bulan Pertama, Inden Sebulan

Belum sebulan diluncurkan, Toyota Kijang Innova sudah melebihi ekspektasi penjualan.

Liputan6.com, Jakarta - Belum sebulan diluncurkan, Toyota Kijang Innova sudah melebihi ekspektasi penjualan. Hal itu diungkapkan oleh Agus Prayitno Wirawan, Chief Executive Auto2000, salah satu distributor Toyota di Indonesia.

"Sampai hari ini sudah lebih dari enam ribu pemesanan lewat Auto 2000," ujarnya kepada sejumlah media semalam (14/12). Padahal, target hingga akhir tahun semula hanya 3 ribu unit.

Perolehan penjualan ini datang dari konsumen loyal Kijang Innova. "Itulah pentingnya database yang kami miliki, tinggal telpon mereka order," tambahnya. Auto2000 sendiri memiliki 96 cabang di Indonesia. Menurutnya, 60 persen penjualan datang dari konsumen yang berada di Jabodetabek. Keuntungan yang ditawarkan kepada loyalis Kijang Innova cukup menarik.

"Kami berikan servis gratis hingga tiga tahun atau 50 ribu kilometer mana tercapai lebih dahulu," tambah pria berkumis tersebut.

Dari total penjualan yang dibukukan, varian G (terendah) yang mendominasi. "Tapi di luar dugaan, varian Q (tertinggi) lebih banyak dari prediksi," ujar dia.

Diperkirakan semula varian Q hanya 15 persen maksimal 20 persen, tetapi ternyata menyentuh 25 persen. Menariknya lagi, permintaan akan mesin Diesel juga naik. Jumlahnya mencapai 60 persen dari total penjualan Auto2000.

Lonjakan permintaan ini masih terus dianalisa. "Kami belum menemukan pattern permintaan konsumen karena ini baru datang dari loyalis. Mungkin polanya baru kelihatan 2-3 bulan mendatang," jelas Agus. Adapun demikian, membuat masa inden Innova jadi satu bulan. "Ya inden jadi satu bulan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.