Sukses

3 Pabrikan Pencipta Motor Scrambler

Berikut adalah tiga pabriikan yang pernah dan masih membuat motor bergaya scrambler.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu aliran modifikasi sepeda motor yang masih banyak diminati adalah scrambler. Sejarah modifikasi ini cukup panjang, yaitu bermula dari ajang balap di era 1920an di Inggris.

Modifikasi jenis ini pada dasarnya disesuaikan agar sepeda motor mampu melalui berbagai medan. Biasanya, ban diganti menggunakan tipe knobbly/ban tahu, peninggian ground clearance dan knalpot, serta memangkas jok jadi lebih rata.

Dari segi desain, scrambler terbagi ke dalam beberapa sub kategori lagi, tetapi yang paling terkenal adalah classic scrambler dan modern scrambler. 

Dalam sejarahnya, pamor modifikasi scrambler terus melejit hingga awal 1960an. Melihat peluang yang ada, banyak pabrikan yang kemudian merilis model-model scrambler, bahkan hingga hari ini, misalnya Honda dengan Grom 50.

Lantas, merek apa lagi yang pernah atau masih mengeluarkan motor scrambler? Apa saja yang relatif lebih terkenal? Diolah dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

Ducati

Ducati, pabrikan asal Italia, bahkan memiliki nama merek khusus untuk tiap scrambler yang dibuat. Dengan nama Ducati Scrambler, beberapa model telah mereka buat untuk pasar Amerika Serikat (AS) sejak 1962 hingga 1974.

Scrambler generasi pertama (1962-1967) memiliki mesin sempit dengan frame ringan. Awalnya, model ini adalah modifikasi dari Ducati Diana dan dimodifikasi oleh Michael Berliner untuk keperluan dirt-track.

Semua model generasi pertama memiliki kapasitas mesin maksimal 250 cc. Beberapa model dari beberapa generasi itu adalah Scrambler 125 (1970-1971), Scrambler 250 (1968-1975), dan yang paling terkenal Scrambler 450 (1969-1976).

Kemudian, pada 2014, sebuah Ducati Scrambler 800 baru diperkenalkan pada gelaran otomotif Intermot, dan mulai dijual di AS pada 2015. Model baru ini dilengkapi dengan mesin 803 cc yang semburkan tenaga 75 Tk.

Bukan hanya itu, pada gelaran EICMA, Milan, Ducati kembali mengeluarkan varian entry level Scrambler 400. Gaya dan rangka Scrambler 800 tetap dipertahankan, tetapi dengan bobot yang lebih ringan.

3 dari 4 halaman

Next

Triumph

Sama dengan Ducati, Triumph Motorcycles juga memiliki merek tersendiri bernama Triumph Scrambler. Bedanya, sejarah motor ini cukup baru. Pabrikan asal Inggris ini baru memperkenalkan scrambler pada 2006.

Meski resmi dibuat pada 2006, sejarah Triumph Scrambler dapat dilacak hingga medio 1960an. Saat itu, model Bonneville standar dimodifikasi dengan bentuk scrambler untuk keperluan balapan enduro di gurun pasir.

Desainer motor ini adalah John Mockett, yang telah bekerja dengan pabrikan pada 1989. Menurut laman resminya, Scrambler mereka dibuat "untuk membangkitkan semangat kebebasan, di mana yang kamu butuhkan hanya motor dan tempat untuk mengemudi."

Triumph Scrambler dilengkapi dengan mesin parallel twin dengan karburator kembar berkapasitas 865 cc. Mesin yang disandingkan dengan transmisi 5-speed chain drive ini semburkan tenaga maksimal 54 Tk.

Pada 2008, Triumph Scrambler dilengkapi dengan multipoint sequential electronic fuel injection sehingga lebih irit. Model lansiran selanjutnya juga lengkap dengan tangki bahan bakar yang lebih besar.

4 dari 4 halaman

Next

Honda

Pabrikan sepeda motor asal Jepang juga tidak mau kalah untuk memproduksi scrambler. Salah satunya adalah Honda. Sepanjang sejarahnya, beberapa scrambler pernah mereka buat. Tetapi yang relatif paling terkenal adalah Scrambler CL350.

Menurut laman Motorcycleclassics, Scrambler CL350 dibuat antara tahun 1968-1973. Nama model ini diikuti oleh K1-K5 sesuai dengan tahun produksi. Misal, CL350 dibuat pada 1970, maka nama resminya adalah CL350K2 Scrambler.

Dikatakan, semua Seri CL pada dasarnya adalah street bike dengan fender belakang dan knalpot yang lebih tinggi, serta setang cruiser yang cocok untuk berpetualang. Tersedia warna yang beragam, dari mulai putih, kuning, hingga biru.

Semua CL350 Scrambler menggendong mesin OHC parallel twin dengan dua karburator CV berkapasitas 325 cc. Dengan mesin itu, motor yang juga dikenal dengan CB350 ini diklaim hasilkan tenaga 36 Tk dan torsi 25 Nm.

Sebagai tambahan, baru-baru ini, di ajang Tokyo Motor Show 2015, Honda kembali mengenalkan motor scrambler konsep bernama Grom 50. Dilaporkan Visordown, rancangan konsep Honda Grom ini akan dilempar ke pasar Tokyo terlebih dahulu ini, bersandingan dengan model retro lainnya, Honda Super Cab.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.