Sukses

Sudah Mengundurkan Diri, Mantan CEO VW Masih Diupah

Meski telah mengundurkan diri, CEO VW masih akan diupah hingga Desember tahun depan.

Liputan6.com, Wolfsburg - Martin Winterkorn resmi mengundurkan diri sebagai CEO Volkswagen (VW) September lalu, menyusul terbongkarnya skandal Dieselgate ke publik. Meski demikian, ia masih akan diupah hingga Desember tahun depan.

Melansir Reuters, kabar ini diperoleh dari narasumber yang dekat dengan dewan pengawas perusahaan. Menurutnya, Winterkorn akan diupah sampai kontraknya berakhir satu tahun lagi.

Lebih jauh, orang yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa dewan pengawas taat dengan klausul kontrak. Kebijakan ini sengaja dilakukan agar perusahaan tidak membayar pesangon mantan CEO yang nominalnya jauh lebih tinggi. 

Jika tidak diupah, maka pesangon yang harus dibayar perusahaan asal Jerman tersebut kepada Winterkorn bisa mencapai jutaan euro.

Untuk diketahui, selama hampir sembilan bulan menjadi CEO VW, pria berusia 68 tahun itu telah mengumpulkan uang pensiun sebanyak 28,6 juta euro. Tentu, dengan pesangon, jumlah ini akan bertambah banyak.

Menurut indeks DAX-30 blue-chip asal Jerman, Winterkorn masuk dalam daftar CEO termahal tahun lalu, dengan jumlah remunerasi mencapai sekira 16 juta euro. Upah perbulannya, menurut kontrak, adalah sebesar 1,6 juta euro plus banyak bonus.

Meski demikian, tidak dijelaskan lebih lanjut berapa besaran upah yang akan diterima Winterkorn setelah mengundurkan diri. Juru bicara perusahaan menolak mengomentari hal-hal yang berkaitan dengan kontrak.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini