Sukses

Aturan Dilarang Senyum di Foto SIM Akhirnya Dihapus

Warga Virginia, Amerika Serikat (AS) sekarang diperbolehkan untuk menggunakan foto tersenyum untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) mereka.

Liputan6.com, Virginia - Warga Virginia, Amerika Serikat (AS) sekarang diperbolehkan berfoto dengan ekspresi senyum untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) mereka.

Menurut Virginia Department of Motor Vehicles (DMV) sebagaimana dilaporkan The Washington Post, kemajuan teknologi menjadi penyebab utama perubahan aturan ini.

Sebelumnya, pada 2009, otoritas terkait mengatakan bahwa pengemudi harus memiliki ekspresi netral di foto mereka. Saat itu, alasan mereka adalah agar penggunaan software verifikasi melalui foto dapat lebih mudah dilakukan.

"Tapi sekarang, teknologi semakin maju sehingga ekspresi netral sudah tidak lagi diperlukan," ujar juru bicara DMV.

Saat ini, perangkat lunak pengenal wajah sudah dapat menganalisis rincian seperti dagu, bentuk alis, tekstur, garis tulang rahang, sudut mulut, hingga bentuk mata. Bahkan, sat ini model wajah 3D seseorang telah dapat dibuat.

Perubahan kebijakan ini memunculkan beragam komentar. Ginger Edwards dalam Facebook mengatakan, aturan lama membuatnya seperti tahanan. "Terimakasih, tidak akan ada lagi ID mengerikan untukku," ujarnya.

Untuk memperbarui foto di SIM, warga Virginia dapat membayar US$ 20 atau sekira Rp 272 ribu. Sementara untuk pembuatan SIM baru, otoritas terkait mematok ongkos administrasi sebesar US$ 10.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.