Sukses

5 Mobil dengan Pertumbuhan Tertinggi di AS

Berikut adalah lima mobil dengan pertumbuhan tertinggi di AS:

Liputan6.com, California - Amerika Serikat (AS) adalah salah satu `kiblat` industri otomotif dunia. Di sana banyak pabrikan yang produknya terkenal di seluruh dunia, bahkan menjadi salah satu yang paling laris.

Pabrikan-pabrikan non AS pun berlomba untuk masuk ke pasar tersebut. Alasannya tentu karena di negara itu tingkat ekonomi masyarakat cukup tinggi, sehingga pemenuhan kebutuhan sekunder seperti alat transportasi yang nyaman juga dicari.

Dari sekian banyak mobil yang dijual, beberapa di antaranya mengalami kenaikan penjualan cukup signifikan. Mungkin ada yang laku keras, tetapi dalam hal pertumbuhan cenderung statis tiap tahun, atau bahkan negatif.

Melansir Bloomberg, Sabtu (26/12/2015), berikut adalah lima mobil dengan tingkat pertumbuhan tertinggi sepanjang 2015, dibanding tahun sebelumnya. Dengan catatan, penjualan tahun ini berdasarkan data dari Januari hingga November:

Buick Encore (+33 persen)

Buick Encore diperkenalkan pada North American International Auto Show 2012, dan mulai dijual Januari 2013. Sejak saat itu, mobil ini cukup laris, bahkan menempati posisi lima besar mobil dengan pertumbuhan penjualan tertinggi.

Dibanding periode sebelumnya, penjualan Encore dari Januari hingga November naik sekira 33 persen. Tercatat, mobil yang dilengkapi dengan mesin turbo 1,4 liter dengan gearbox otomatis enam percepatan ini telah terjual sebanyak 61.051 unit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

Nissan Rogue (+41 persen)

Diperingkat keempat ada Nissan Rogue. Mobil ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya ruang yang lapang serta fasilitas plug-in gadget. Tercatat, model ini pertumbuhan penjualannya naik 41 persen, dengan total mencapai 260.711 unit.

SUV lima pintu ini pertama kali dijual pada 2007. Pada 2014, model ini memasuki generasi kedua. Rogue dilengkapi dengan mesin empat silinder 2,5 liter yang hasilkan tenaga 170 Tk dan torsi 237 Nm.

Ford Mustang (+55 persen)

Penjualan Ford Mustang mengalami tren positif dibanding Januari hingga November tahun sebelumnya, atau naik sekira 55 persen. Sampai sekarang, Mustang telah terjual sebanyak 113.607 unit.

Mobil yang telah dibuat sejak April 1964 tersebut telah memasuki generasi keenam. Pada generasi terakhir, Ford memberikan Mustang tiga varian mesin: EcoBoost empat silinder 2,3 liter, V8 5 liter, serta I4 EcoBoost 2,3 liter.

3 dari 3 halaman

Next

Chrysler 200 (+67 persen)

Di posisi kedua, ada Chrysler 200 yang pertumbuhan penjualannya naik lebih dari 50 persen, atau persisnya 67 persen dibanding tahun lalu. Dengan begitu, mobil yang diperkenalkan sejak 2010 ini telah terjual sebanyak 169.310 unit.

Chrysler 200 telah memasuki generasi kedua sejak tahun lalu. Fiat melengkapi mobil ini dengan dua pilihan mesin, yaitu  Tigershark I4 2,4 liter dan Pentastar V6 3,6 liter. Keduanya dilengkapi dengan transmisi otomatis 9 percepatan.

Volkswagen Golf (+91 persen)

Meski di akhir tahun Volkswagen tercoreng oleh skandal Dieselgate, tapi salah satu modelnya, Golf, justru mencatatkan angka pertumbuhan penjualan tertinggi. Tercatat, dibanding Januari-November tahun lalu, model ini penjualannya naik 91 persen.

Sejak 2012 lalu, Golf telah memasuki generasi ke tujuh. Golf GTI dilengkapi dengan mesin empat silinder 2,0 liter yang hasilkan tenaga 217 Tk, sementara Golf R menggendong mesin turbocharged 2,0 liter bertenaga 296 Tk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.