Sukses

Cara Mudah Jinakkan Putaran Bawah Jupiter MX

Yamaha Jupiter MX dikenal memiliki mesin yang punya performa menjanjikan. Motor ini memproduksi torsi yang melimpah di putaran bawah.

Liputan6.com, Depok - Yamaha Jupiter MX dikenal memiliki mesin yang punya performa menjanjikan. Motor ini memproduksi torsi yang melimpah di putaran bawah. Dengan kata lain, garang. Sayangnya, motor jenis ini relatif tidak cocok digunakan dalam kemacetan.

Lantas, bagaimana cara 'memperhalus' MX di putaran bawah? Faisal, mekanik Yamaha Dimas Motor, Depok, Jawa Barat, menyarankan memundurkan pengapian dari throttle position sensor (TPS).

TPS adalah bagian dari mesin injeksi yang mengatur masuknya udara ke mesin pembakaran. "Sederhananya memperlambat pembakaran di ruang bakar. Jadi waktu di gas tidak terlalu agresif," ujarnya kepada Liputan6.com, beberapa waktu yang lalu.

Lanjut Faisal, ada cara lain yang lebih sederhana untuk menjinakkan mesin di putaran bawah. Cara tersebut adalah dengan menambahkan beban pada kendaraan.

"Caranya dengan menambahkan beban. Biar motor lebih berat sehingga hentakkan pun tidak terlalu liar," tambahnya.



Faisal kemudian mencontohkan cara menambahkan beban tersebut. "Dari mulai pakai ban lebih besar, velgnya juga bisa diganti pakai variasi yang lebih besar, lebih berat. Lalu tambah juga aksesori lainnya," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini