Sukses

Pabrik Yamaha Manfaatkan Listrik Tenaga Surya

India Yamaha Motor (IYM) meresmikan proyek instalasi tenaga surya di pabrik yang berlokasi di Greater Noida, India.

Liputan6.com, Greater Noida - India Yamaha Motor (IYM) meresmikan proyek instalasi tenaga surya di pabrik yang berlokasi di Greater Noida. Proyek ini dibuat dalam rangka mendukung program pemerintah India yang dinamai `Green India Mission`.

Dilaporkan Economic Times, dalam proyek ini Yamaha bermitra dengan penyedia tenaga surya bernama Ampus Solar. Proyek diresmikan Managing Director IYM Takashi Terabayashi dan Hiroaki Fujita, Kepala Yamaha India Group.

"Dengan inisiatif ini, Yamaha memimpin jalan menuju `manufaktur hijau` dan menunjukkan bahwa dibutuhkan keseimbangan antara ekonomi dan alam. Kami mendukung Green India Mission," ujar Fujita.

Beragam keuntungan diperoleh dari sumber energi alternatif ini. Dari sisi perawatan, alat ini hampir bebas biaya perawatan dan tidak berisik. Alat ini juga tidak memancarkan emisi seperti bahan bakar fosil.

Menurut Yamaha, 4.000 kW adalah kapasitas maksimum yang mampu dihasilkan tenaga listrik itu. Diharapkan, dengan energi alternatif ini emisi karbon berkurang sekira 138.000 metric ton dan menghemat sekira 1.020.000 barel minyak mentah per tahun.

Pembangunan instalasi ini akan selesai April nanti. Setelah itu, proyek serupa akan dilakukan di lokasi-lokasi lain. "Sistem tenaga surya direncanakan akan diinstalasi di pabrik Yamaha Motor lainnya di India," tambahnya.

Untuk diketahui, pemerintah India memang sedang giat menerapkan kebijakan-kebijakan yang relatif radikal untuk mengurangi emisi yang parah. Mereka, misalnya, menghentikan sementara penjualan mobil Diesel di Delhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini