Sukses

Honda RC213V-S Dibuat Secara Handmade, Ini Videonya

Pekerja Honda secara hati-hati dan cermat memasang tiap-tiap bagian sepeda motor secara manual.

Liputan6.com, Tokyo - Honda melibatkan ahli terbaiknya dalam memproduksi RC213V-S. Sebagai model yang merupakan versi jalanan dari tunggangan Marc Marquez di MotoGP, produksinya memerlukan ketelitian tinggi lantaran dibuat secara handmade.

Perakitan mesin motor ini tidak seperti motor produksi massal pada umumnya. Para pekerja secara hati-hati dan cermat mengukur dan memasang tiap-tiap bagian sepeda motor secara manual.

Para pekerja di Honda juga selalu melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan. Mulai dari pemasangan baut, pengelasan, dan pemasangan roda dilakukan dengan tangan. Cara ini dilakukan agar hasilnya presisi dan meminimalisir kesalahan produksi.

Dalam video yang dilansir Morebike, memperlihatkan bagaimana para pekerja melakukan pengelasan sasis dengan tangan. Potongan rangka juga diampelas oleh pekerja sampai halus sesuai yang dibutuhkan tanpa bantuan mesin canggih.

Tidak heran proses ini membuat harga Honda RC213V-S di pasaran terbilang mahal. Untuk pasar Eropa, superbike ini dihargai 188 ribu euro atau sekira Rp 2,84 miliar. 

Sebagaimana diketahui, Honda RC213V-S ditawarkan dengan output yang berbeda-beda. Output tertinggi yaitu 159 Tk yang diedarkan di Eropa dan Australia. Sementara di pasar Amerika mendapat RC213V-S dengan tenaga 101 Tk dan Jepang motor ini hanya menjanjikan tenaga 70 Tk.

Bagi Anda yang penasaran dengan proses produksi Honda RC213V-S, simak videonya di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini