Sukses

Yamaha Siap Pertahankan Takhta Segmen Sport

Di tengah dominasi Honda di segmen skutik dan bebek, Yamaha masih mampu mempertahankan posisi puncak di segmen sepeda motor sport.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah dominasi Honda di segmen skutik dan bebek, Yamaha masih mampu mempertahankan posisi puncak di segmen sepeda motor sport. Tercatat, Yamaha berhasil menjual 370.753 unit motor sport sepanjang tahun lalu.

Pesaing terdekatnya, Astra Honda Motor (AHM) mencatatkan angka penjualan sebanyak 257.192 unit motor sport atau setara dengan 34,6 market share. AHM pernah mengalahkan Yamaha di segmen ini pada Oktober dan November. Sayang, performa dua bulan itu belum bisa menggeser posisi Yamaha secara keseluruhan.

Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan bahwa performa ini tidak bisa dilepaskan dari strategi mereka merasionalisasi stok di delaer.

"Di awal tahun Yamaha banyak mengeluarkan model baru dan harapannya penjualannya bagus ternyata demand-nya tak naik-naik, justru malah turun. Akhirnya di dealer banyak stok. Oleh karena itu mulai Oktober kami mulai menyehatkan stok," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (18/1).

"Makanya di tiga bulan itu kami ketinggalan dari kompetitor apalagi mereka keluar model baru yang pastinya langsung digenjot," tambahnya.

Ke depan, untuk mempertahankan raihan ini, Yamaha akan terus melakukan kampanye untuk tipe sport dan strategi lain. "Pergantian model sudah ada jadwalnya, jadi tidak bergantung dengan kompetitor," tambahnya.

Untuk diketahui, dari beberapa model motor sport Yamaha, New V-Ixion lah yang paling laris, bahkan di antara seluruh sepeda motor sport dari pabrikan  lain. Total penjualan model ini mencapai angka 275.261 unit.





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini