Sukses

10 Motor Klasik yang Harganya Fantastis (Bagian II)

Berikut adalah sepuluh sepeda motor klasik yang berpotensi masuk ke dalam daftar sepeda motor termahal yang pernah dijual di pelelangan.

Liputan6.com, Las Vegas - Pada bagian pertama, telah diketahui lima kandidat sepeda motor klasik yang sangat mungkin masuk ke dalam daftar motor-motor termahal yang pernah terjual di pelelangan. Kali ini akan dilanjutkan bagian keduanya.

Pada artikel sebelumnya, diketahui Vincent Series-C Black Shadow menjadi sepeda motor termahal keenam yang dijual di gelaran Las Vegas Motorcycle Auction. Motor lansiran 1951 itu terjual dengan harga US$ 137 ribu atau sekira Rp 1,9 miliar.

Adapun Las Vegas Motorcycle Auction diselenggarakan oleh rumah lelang kelas dunia, Bonhams. Ini adalah acara yang rutin digelar tiap tahun.

Banyak rekor penjualan yang tercipta, dimana motor dari Vincent motorcycle sangat mendominasi. Bahkan ada satu motor yang berhasil memecahkan rekor termahal sepanjang sejarah Vincent, sekaligus berada di posisi pertama dalam daftar.

Sepeda motor apa saja yang berada di posisi lima hingga satu? Melansir Gizmag, berikut ulasannya:

5. 1953 Vincent Series-C Black Shadow - Rp 1,98 miliar

Di posisi kelima ada Vincent Series-C Black Shadow. Sepeda motor kekar lansiran 1953 ini terjual dengan harga US$ 142.500 atau sekira Rp 1,98 miliar.

Menurut laman Bonhams, jejak sejarah sepeda motor ini dapat ditelusuri sejak 1960. Saat itu, Kolonel Ronald Henry Baker, veteran Perang Dunia II membelinya dari pabrik. Setelah itu, sepeda motor berpindah tangan ke Sid Biberman, Harry Sidelman, Glenn Lyall, lalu ke Daytona BMW dan Petersen Museum sebelum sampai ke Bonhams.  

Tidak semua komponen pada motor ini orisinil. Sebab, pemilik sebelumnya telah melakukan beberapa modifikasi, termasuk lampu halogen 12 volt. Odometer menunjukkan bahwa Vincent Series-C ini telah melaju sejauh 23.496 km.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

4. 1948 Vincent Series-B Black Shadow - Rp Rp 2,13 miliar

`Kakak` Vincent Series-C Black Shadow, Vincent Series-B Black Shadow menempati posisi keempat. Para ajang lelang, sepeda motor ini terjual denga harga US$ 153.500 atau sekira Rp 2,13 miliar.

Pada laman rumah lelang, disebutkan bahwa Seri B diproduksi saat Perang Dunia II berakhir. Sepeda motor ini dikirim ke dealer di California pada 1948. Sejak saat itu sepeda motor berpindah-pindah, bahkan hingga ke Inggris.

Sama seperti `adiknya`, sepeda motor ini telah dimodifikasi, termasuk pemasangan aki masa kini. Odometer menunjukkan bahwa Vincent Series-B Black Shadow ini baru menempuh perjalanan sejauh 1.306 km.

3. 1955 Vincent Series-D Black Prince - Rp 2,29 miliar

Kita memasuki posisi ke-3. Di sini, tercatat nama Vincent Series-D Black Prince lansiran 1955 yang terjual dengan harga US$ 164.500 atau sekira Rp 2,29 miliar.

Motor ini tercatat sebagai family Black Shadow yang terjual dengan harga paling mahal di rumah lelang. Rekor sebelumnya dipecahkan pada Juni 2014. Saat itu Black Prince terjual dengan harga 91,1 ribu Pound Sterling.

Dijelaskan, Black Shadow ini bagian-bagiannya sebagian besar masih standar pabrikan. Motor ini juga terbilang langka karena hanya diproduksi sebanyak 200 unit.

3 dari 3 halaman

Next

2. 1912 Henderson Four - Rp 2,52 miliar

Di posisi kedua ada Henderson Four lansiran 1912. Sepeda motor ini terjual dengan harga US$ 181.500 atau sekira Rp 2,52 miliar. Angka tersebut lebih rendah US$ 50 ribu dibanding model yang sama yang pernah terjual pada Maret tahun lalu.

Sepeda motor ini menggendong mesin inline empat silinder dengan belt drive, serta dua tempat duduk yang unik. Desain ini membuatnya lebih mirip seperi sepeda yang ditanamkan mesin di bagian tengah bawah.

Model yang hanya diproduksi sebanyak enam unit di dunia ini terakhir kali terdaftar pada 1937 di Amerika Selatan. Meskipun sudah sangat tua, 1912 Henderson Four ini masih dapat dikendarai dengan baik.

1. 1951 Vincent White Shadow - Rp 6,04 miliar

Inilah bintang Las Vegas Motorcycle Auction. Motor ini menjadi yang paling mahal yang terjual dalam pameran, mencapai angka US$ 43.4000 atau sekira Rp 6,04 miliar.

Sejak dibuat, sepeda motor yang hanya ada 15 unit di dunia ini hanya berpindah tangan dua kali. Itu artinya, pemiliknya saat ini adalah pemilik yang ketiga. Tak heran jika model ini telah beberapa kali memecahkan rekor sendiri.

Selain jumlah, yang spesial dari Vincent White Shadow juga kelirannya. Pasalnya, inilah White Shadow yang dibuat dengan skema cat khas Tiongkok. Sejumlah modifikasi terbaru juga diinstalasi, termasuk high-volume oil pump dann electric ignotion.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini