Sukses

Selain BR-V, Ada Dua Low SUV Lagi yang Bakal Hadir di Indonesia

SUV tidak saja berkembang di Eropa namun juga tumbuh di Indonesia. Setelah BR-V apa lagi?

Liputan6.com, Jakarta Sejak peluncurannya Agustus 2015, Honda BR-V menuai respons positif. Tak kurang dari 6.500 unit sukses dibukukan Honda Prospect Motor (HPM) untuk mobil anyar itu.

Banyaknya permintaan sudah diprediksi oleh HPM. "Tren SUV sedang naik," ujar Tomoki Uchida, President Director HPM. Ia mengatakan pertumbuhan SUV merupakan tren dunia. Di sini, Honda bisa meraih 36 persen pangsa pasar SUV pada 2015.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Gaikindo, penjualan SUV sepanjang 2015 mencapai 129.503 unit sepanjang tahun kemarin. Jumlah itu sama dengan 12,5 persen dari total penjualan di Indonesia. "Kami yakin akan tumbuh lagi tahun ini, bukan sekadar volume tetapi juga pangsa pasarnya," tambah Uchida.

Performa apik Honda sepanjang tahun lalu tak terlepas dari hadirnya HR-V yang laku 36.425 unit. Data menyebut HR-V HR-V 1.5L terjual sebanyak 28.897 unit dan HR-V 1.8L 7.528 unit. 

Tahun ini, Honda nampaknya mendapat momentum baik, pangsa pasar mereka sebesar 39 persen di kelas LSUV bakal terdongkrak dengan hadirnya BR-V. Mobil ini mulai didistribusikan pada 23 Januari mendatang.

Tentu saja, Honda tidak akan bermain sendiri. Produsen lain juga tengah menyiapkan jurus untuk membendung lari Honda. Uchida tidak menampik bakal ada setidaknya dua produsen yang akan mengeluarkan LSUV baru. "Diperkirakan akan muncul dalam satu-dua tahun ini."

Desain jadi daya tarik produk Honda

Di luar itu, Uchida tidak menyangkal keberhasilan SUV Honda karena desainnya yang menarik. "Saya pikir desain yang jadi alasan utama. Baru soal irit bahan bakar."

Konsep mobil tujuh penumpang yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia menjadi kata kunci lainnya. "Bahkan ada juga konsumen CR-V yang meminta kami untuk membuat CR-V tujuh penumpang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini