Sukses

Komponen Ini Kecil, Tapi Sangat Sentral di Satria F150

Berikut adalah komponen kecil yang ada pada Suzuki Satria F150 yang jarang diketahui, padahal jadi penyebab motor susah dinyalakan.

Liputan6.com, Depok - Apakah anda tahu lubang pembuangan angin yang posisinya persis di bawah saluran knalpot yang ada di sisi mesin Suzuki Satria F150? Sebagian orang tidak tahu. Padahal, komponen itu sangatlah penting.

Dijelaskan oleh Supriyadi, mekanik dari Mahkota Inti Sejahtera, dealer resmi Suzuki Indonesia yang berada di Depok, komponen itu adalah saluran pembuangan air yang airnya berasal dari pori-pori tutup busi.

"Air yang berasal dari hujan atau saat motor dibersihkan yang terciprat ke pori-pori busi, mengalirnya ke situ, dibuang," ujarnya kepada Liputan6.com, Selasa (19/1/2016).

Sayangnya, karena berada di bawah, komponen ini sering tertutup tanah. Akibatnya, saluran pembuangan tertutup dan pada akhirnya air tergenang saja. "Ini yang membuat motor gampang mati. Karena air bikin busi korslet," tambahnya.

Supriyadi menjelaskan, selain dilihat, tertutupnya komponen ini bisa diketahui melalui beberapa indikasi. "Misalnya saat jalan motor gampang mati. Ini jarang diketahui, padahal disinilah masalahnya," tambahnya.

Untuk membersihkan komponen ini cukup mudah, yang intinya memastikan bahwa lubang tidak tertutup apapun. Bisa dengan tusuk gigi, kawat, atau bahkan sedotan. Lubang ini sendiri dalamnya sekira 8 cm, kira-kira sampai ke bagian tengah mesin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.