Sukses

Mengintip Motor Baru Rossi-Lorenzo di MotoGP 2016

Generasi terbaru YZR-M1 untuk kedua pembalap didukung spesifikasi yang lebih mumpuni.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Yamaha Factory Racing menuai hasil gemilang pada balap MotoGP 2015. Kedua pembalapnya yakni Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi masing-masing menduduki peringkat 1 dan 2 pada ajang tersebut.

Menyambut musim 2016, tim berlogo garputala itu langsung tancap gas dengan menyiapkan generasi terbaru YZR-M1 untuk kedua pembalap dengan spesifikasi yang lebih mumpuni. Ubahan dilakukan untuk mendongrak performa di atas aspal.

Yamaha YZR-M1 dibekali mesin empat silinder 1.000 cc berpendingin cairan dengan teknologi crossplane crankshaft, yang dikawinkan transmisi enam percepatan. Daya maksimal yang diproduksi lebih dari 240 Tk. Demikian dilansir dari Yamaha-racing, Kamis (21/1/2015)

Mesin ini tergantung pada sasis alumunium twin tube deltabox yang dikombinasikan lengan ayun belakang berbahan alumunium. Adapun bobot keseluruhan sepeda motor mencapai 157 kilogram yang disesuaikan dengan regulasi FIM.

Ubahan terdapat di bagian kaki-kaki dimana pada musim ini MotoGP Michelin jadi supplier tunggal menggantikan Bridgestone. Untuk spesifikasi YZR-M1 memiliki diameter 17 inci depan-belakang dengan karakter slick, intermedium, dan ban basah untuk balap di kala hujan. Pada YZR-M1, Yamaha menggunakan velg Magnesium dari MFR berdiameter 16,5 inci untuk roda depan dan belakang.

Motor Yamaha 2015 dan 2016 (Liputan6.com/Abdillah)

Lebih lanjut, Yamaha mempercayakan Ohlins sebagai penyedia suspensi untuk YZR-M1. Pada bagian depan menggunakan jenis upside down sedangkan suspensi belakang berupa monoshock.

Terakhir pada komponen rem, Yamaha YZR-M1 menggunakan peranti bikinan Brembo dengan lebar piringan 320 atau 340 mm untuk roda depan yang terbuat dari bahan karbon. Sementara itu, cakram belakang dibuat dari bahan stainless steel. Roda depan menggunakan kaliper empat piston di sisi kiri dan kanan sedangkan rem belakang didukung sebuah kaliper double piston.

Selain segala aspek tersebut, beberapa ubahan hadir pada desain muffler. Knalpot YZR-M1 kini pipanya jauh lebih pendek dengan lubang didesain nyaris sejajar dengan panel lengan ayun. 

Desain fairing juga turut disesuaikan dimana lubang udara samping kali ini ukurannya lebih kecil dibanding model musim lalu. Sementara itu, frame fairing turut direvisi yang kini ukurannya lebih lebar dan terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.