Sukses

Toyota Kaji Debut Sienta di Indonesia, Lawan Kuat Honda Freed

Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) tidak menampik soal Toyota Sienta yang tengah diuji di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota dipercaya akan melepas sebuah model multi purpose vehicle (MPV) yang bakal bersaing dengan Honda Freed tahun ini. Bahkan, mobil itu tertangkap kamera tengah diuji di Indonesia.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) tidak menampik soal Toyota Sienta yang tengah diuji. "Kalau pengujian itu sering dilakukan di Indonesia. Hanya sebatas pengujian," katanya.

Sementara ketika ditanya apakah pengujian ini membuka peluang Sienta masuk pasar nasional, Henry pun menjawab dengan nada diplomatis. "Keputusannya selalu dikaji," imbuh dia.

Di Jepang, Toyota Sienta hadir dengan opsi mesin dengan seri 2NR-FKE (1,5 liter), 1NZ-FE (1,5 liter), dan  1NZ-FKE. Mobil juga disediakan dalam tipe hibrida.

Untuk fitur keselamatannya, Toyota Sienta punya pre-collision system (PCS), lane departure lane (LDA), dan automatic high beam (AHB). Di Jepang, Toyota Sienta mulai dipasarkan pada 17 Juli.

Honda kembangkan Freed 1,0 liter turbo

Sementara itu, Honda tak tinggal diam. Mereka dipercaya tengah menyiapkan mesin baru untuk dibenamkan pada Freed.

Mesin bensin 1.0L tiga silinder VTEC Turbo menjanjikan tenaga 127 Tk. Bila kabar ini benar, mesin anyar ini akan mengganti mesin 1.5 liter empat silinder naturally aspirated i-VTEC yang punya output 118 Tk dan torsi 146 Nm.

Honda Freed mesin 1.0L VTEC Turbo itu akan diluncurkan di sejumlah pasar termasuk Indonesia dan Jepang.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini